Bogor (ANTARA News) - Ketua Pemenangan Pemilu DPP Partai Hanura Yuddy Chrisnandi menilai kemenangan Anas Urbaningrum (41 tahun) pada pemilihan Ketua Umum DPP Partai Demokrat periode 2010-2015 merupakan kemenangan kaum muda.

"Saya ucapkan selamat untuk Anas dan Partai Demokrat yang berhasil mendorong terbukanya babak baru awal perubahan," kata Yuddy saat dihubungi per telepon dari Bogor, Minggu malam.

Kemenangan Anas dalam Kongres II Partai Demokrat di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 21-23 Mei 2010 itu pertanda babak baru kepemimpinan generasi muda, katanya.

Anas menang dalam dua putaran. Pada putaran pertama ia mengantongi 236 suara sedangkan Marzuki Alie mendapat 209 suara dan Andi Mallarangeng hanya meraih 80 suara.

Lantaran tidak ada kandidat yang meraih 50 persen plus satu suara maka harus dilakukan pemilihan putaran kedua dan pada putaran kedua Anas berhasil mengalahkan Marzuki.

Mantan anggota Komisi I DPR-RI itu menegaskan dinamika Kongres II Partai Demokrat memberi pesan bahwa untuk menjadi pemimpin.

"Uang bukan segalanya," kata mantan fungsionaris DPP Partai Golkar itu.

Menurut Yuddy, kemenangan Anas adalah keberhasilannya meruntuhkan hegemoni elit partai politik dan akan mendorong lahirnya pemimpin-pemimpin muda di partai lain.

Sejak awal Yuddy melihat bahwa figur Anas Urbaningrum paling pas untuk memimpin Partai Demokrat 2010-2015 dibandingkan dua calon lain, Andi Mallarangeng dan Marzuki Alie.

"Saya melihat sosok Anas paling pas karena banyak kemiripan dengan karakter pendiri dan ketua dewan pembina Partai Demokrat, Pak Yudhoyono," kata Yuddy.

Yuddy bersama pimpinan partai lain hadir dalam acara pembukaan Kongres II Partai Demokrat di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Jumat malam (21/5).(B009/Z002).

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010