Yerusalem (ANTARA News/Reuters) - Demonstran Yahudi Ortodoks melemparkan batu ke arah menteri kabinet Israel Eli Yishai dan mengiris ban mobilnya di Yerusalem, Senin, namun ia berhasil dibawa menjauh dari lokasi itu tanpa cedera, kata polisi.

Yishai, menteri dalam negeri Israel dan juga seorang Yahudi Ortodoks, sedang melakukan kunjungan duka-cita ke daerah Meah Shearim yang mayoritas penduduknya religius ketika ia diserang.

Juru bicara kepolisian Micky Rosenfeld mengatakan, demonstran "mengiris ban mobilnya dan melemparkan batu, dan polisi tiba di lokasi kejadian, membubarkan mereka, dan segera memindahkannya dengan aman dari daerah itu".

Peristiwa tersebut menambah ketegangan di antara kelompok-kelompok Yahudi di Israel, dimana banyak orang Yahudi ultra-Ortodoks dibuat marah oleh keputusan pemerintah pekan lalu untuk memindahkan kerangka kuno dari lokasi sebuah ruang gawat darurat rumah sakit baru yang akan dibangun.

Banyak orang Yahudi Ortodoks percaya bahwa memindahkan atau membangun di atas sisa kerangka manusia melanggar undang-undang keagamaan.

Laporan media Israel mengatakan, Yishai berhasil berlindung di dalam sebuah bangunan ketika batu dilemparkan ke arahnya.

Yishai (47) memimpin partai keagamaan bernama Shas, mitra dalam koalisi berkuasa sayap kanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang upayanya bagi pendanaan besar lembaga keagamaan seringkali menyulut penentangan dari orang Yahudi non-religius. (M014/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010