Jakarta (ANTARA) - Google akhirnya merilis dukungan untuk Apple Music pada perangkat dengan Google Assistant, termasuk speaker cerdas Google Home/Nest, juga speaker cerdas dari manufaktur lainnya yang berkemampuan Assistant.

"Mulai hari ini, Apple Music diluncurkan ke perangkat yang mendukung Google Assistant, seperti Nest Audio, Nest Hub Max, Nest Mini, dan banyak lagi. Pelanggan Apple Music dapat mencari dan memutar lagu (lebih dari 70 juta!), Album, dan daftar putar -- semuanya bebas iklan -- hanya dengan menggunakan suara mereka," tulis Product Manager Google Assistant, Sushmit Goswami, dan Product Manager Google Nest, Chris Chan, dalam blog resmi Google, Senin (7/12).

Keduanya juga mengatakan bahwa penambahan Apple Music ke jajaran streaming audio Google bertujuan untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada pengguna.

Untuk memutar musik dari Apple Music, pengguna dapat menautkan akun Apple Music di aplikasi Google Home terlebih dahulu. Selanjutnya, pengguna juga dapat memilih Apple Music sebagai layanan streaming musik default. Kemudian, yang perlu dilakukan adalah mengucapkan, "Hai Google, putar playlist musik harian."

Pengguna dapat meminta Google Assistant untuk memutar lagu, artis atau daftar putar tertentu yang tersedia di Apple Music, juga dapat memutar musik berdasarkan genre, suasana hati atau aktivitas. Pengguna juga dapat memutar lagu yang disukai dari playlist Apple Music dengan mengucapkan, "Hai Google putar lagu saya."

"Jika Anda memiliki lebih dari satu smart speaker atau layar yang kompatibel, Anda dapat menggunakan fitur kontrol multi-ruangan kam di aplikasi Google Home atau pada smart display Nest untuk secara dinamis memindahkan musik Anda dari satu perangkat ke perangkat lainnya, dan bahkan memutar musik di semua perangkat di rumah Anda dengan mengucapkan, "Hai Google, putar musik di semua speaker saya," ujar Sushmit dan Chris.

Apple Music mulai diluncurkan di Nest serta speaker dan layar pintar berkemampuan Google Assistant lainnya di AS, Inggris, Prancis, Jerman dan Jepang.

Baca juga: Aplikasi terbaik Google 2020 didominasi oleh solusi bekerja dari rumah

Baca juga: Google Fi berhenti dukung ponsel non-VoLTE mulai Januari

Baca juga: YouTube perbarui fitur untuk batasi ujaran kebencian

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020