Milan (ANTARA News) - Italia belajar dari kegagalan pencalonan tuan rumah Piala Eropa 2012, Federasi sepak bola Italia melakukan berbagai cara untuk meluluskan ambisi mereka sebagai tuan rumah Piala Eropa 2016.

Federasi sepak bola Italia sudah melakukan kunjungan ke berbagai negara Eropa untuk mencari dukungan dari federasi sepak bola negara lain. Italia harus bersaing dengan Perancis dan Turki untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2016.

UEFA akan melakukan voting di Geneva, Swiss Jumat (28/5). Italia akan melibatkan mantan pemain Italia dan bek Ac Milan Paolo Maldini, salah satu tokoh yang dihormati dalam dunia sepak bola, sebagai duta pencalonan.

Italia secara pahit tersingkir dari pencalonan tuan rumah untuk Piala Eropa 2012, karena UEFA memutuskan untuk memilih Ukraina dan Polandia daripada Italia.

Banyak pihak berpendapat kekalahan Italia disebabkan oleh stadion-stadion yang menua dan kebanyakan tidak diganti sejak Piala Dunia 1990, dan masalah kekerasan pendukung sepak bola.

Undang-Undang baru yang disahkan parlemen Italia dirancang untuk memudahkan pembangunan stadion baru, sementara tindakan keras terhadap kekerasan suporter lokal sepak bola  sudah berhasil ditegakkan.

Pejabat pencalonan tuan rumah Italia merasa pekerjaan untuk meningkatkan perilaku pendukung sepak bola mencerminkan keunggulan Italia dibandingkan saingannya.

"Perancis dan Turki memiliki contoh kekerasan yang berkaitan dengan sepak bola musim ini, dengan satu korban meninggal di Perancis dan satu di Turki," kata pemimpin pencalonan Italia Michele Uva kepada reporter, seperti dikutip Reuters.

"Pencalonan kami kuat dalam infrastruktur dan sambutan baik dari orang Italia yang akan membuat Piala Eropa 2016 tidak terlupakan," lanjut Uva.

Bari, Cagliari, Cesena, Florence, Milan, Napoli, Palermo, Parma, Roma, Turin, Udine dan Verona terpilih sebagai 12 kota calon penyelenggara Piala Eropa, dari kota-kota tersebut akan  dipilih 9 kota yang akan menyelenggarakan Piala Eropa.

Stadion baru ada di Turin, Cagliari ibukota Sardinia, dan Palermo ibukota Sisilia, sedangkan stadion lain akan direnovasi.

Inter Milan yang berbagi stadion dengan AC Milan, sedang mempertimbangkan gagasan untuk membangun stadion baru, tetapi stadion San Siro yang berkapasitas 80.000 penonton termasuk dalam pencalonan.

Stadion Olimpico di Roma yang menjadi tuan rumah final Liga Champion 2009 juga berkapasitas 80.000 akan menjadi tempat final Piala Eropa 2016.

Pada pencalonan tuan rumah Piala Eropa 2016 pemberitaan media Italia hanya sedikit karena negara mencoba untuk menghindari kekecewaan akibat gagal menjadi tuan rumah.

Pencalonan Italia sebagai tuan rumah Piala Eropa 2016 kurang bergaung sampai tidak banyak orang Italia yang tahu bahwa negara mereka masih mencalonkan diri.
(ENY/A024) 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010