Pekanbaru (ANTARA News) - Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kota Pekanbaru saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap sejumlah waria yang biasa mangkal di sejumlah jalan di Pekanbaru.

"Hampir dipastikan setiap hari Satpol PP melakukan razia di beberapa ruas Jalan seperti Jalan Soekarno Hatta yang biasa digunakan untuk mangkal," kata Kepala Bagian Operasional Satpol PP Pekanbaru, Iwan Simatupang di Pekanbaru, Rabu.

Iwan mengatakan dari razia yang dilakukan selama lebih kurang sebulan, hanya berhasil menertibkan dua orang waria. Padahal, diperkirakan di Pekanbaru terdapat ratusan waria.

"Kendalanya, banyak waria yang langsung kabur ketika melihat satpol PP. Selain itu, angota Satpol PP kesulitan dikarenakan banyak waria yang postur tubuhnya lebih besar dari Satpol PP," jelas dia.

Meski demikian, Iwan mengaku optimis pihaknya dapat melakukan penertiban waria yang terdapat di Pekanbaru. Menurutnya, sejumlah waria tersebut mencoreng Pekanbaru yang mempunyai visi menjadi pusat kebudayaan Melayu.

Sementara itu, Sheila, seorang waria yang biasa mangkal di Jalan Soekarno Hatta mengatakan dirinya terpaksa melakukan pekerjaan ini, dikarenakan biaya hidup yang tinggi.

"Jika mengandalkan pendapatan dari salon tidak mungkin, dikarenakan penghasilan yang tak tentu. Namun jika mangkal biasanya bisa mendapatkan uang hingga mencapai Rp500 ribu per malamnya," tuturnya.
(ANT/A024)
 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010