Kayuagung, Sumsel (ANTARA News) - Minuman keras oplosan mengakibatkan empat orang warga Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan tewas, menyusul beberapa hari sebelumnya dilaporkan tiga warga Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin tewas pula.

Menurut informasi dari Polres OKI, di Kayuagung, Rabu, setelah mengkonsumi minuman keras oplosan, empat warga Kayuagung itu diketahui meninggal dunia.

Keempatnya adalah Harsin dan Denin, warga Kelurahan Kedaton, serta Aziz (35), warga Kelurahan Mangunjaya, dan Yanto, warga Kelurahan Sidakersa.

Sedangkan rekan mereka, Abdul Gopur, Agus Salim, dan Budi (35), warga Kelurahan Kedaton yang juga ikut minum dolaporkan dalam kondisi kritis.

Budi masih terbaring lemah di RSUD Kayuagung, namun kondisinya telah membaik dibandingkan awal masuk rumah sakit itu.

Empat korban yang meninggal dunia, telah dimakamkan masing-masing keluarga.

Budi salah satu korban meminta aparat kepolisian mengusut sumber beredarnya minuman keras oplosan di Kayuagung itu.

Menurut dia, minuman keras yang berujung kematian ini dilakukan mereka di rumah warga di Kelurahan Kedaton, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten OKI, Minggu (23/5) dini hari.

Namun kejadian itu, baru terendus wartawan, karena warga dan keluarga memilih bungkam agar kejadian ini tertutupi.

Dia menuturkan, sekitar pukul 02.00 WIB malam itu, mereka berkumpul dekat rumah warga yang sedang hajatan dan menggelar musik organ tunggal (OT).

Selain mereka juga banyak warga lain dalam hajatan tersebut yang diduga mengkonsumsi minuman keras, tetapi berkadar alkohol rendah.

"Mereknya aku idak tau, pokoknya bentuk botolnya gepeng. Tapi aku tidak ikut minumnya karena habis makan obat, aku cuma minum susu encer 6 kaleng," ujar Budi, seraya menyatakan dirinya tidak suka minum.

Usai minum beberapa botol yang dilakukan bersama, empat kawannya saat itu langsung kejang-kejang, tangan dan jari membiru dan mata selalu terpejam.

Selang beberapa menit, mereka berempat terkapar tak berdaya dan diduga telah meninggal dunia di lokasi kejadian.

Warga lainnya yang melihat mereka, berusaha menolong. Budi yang terlihat masih kejang-kejang langsung diselamatkan warga ke RSUD Kayuagung.

Kapolres OKI, AKBP Drs Cok Bagus Ary Yudayasa, didampingi Kasat Reskrim, AKP Doni Satria Sembiring SIk, membenarkan adanya empat warga Kayuagung yang meninggal dunia diduga akibat minuman keras, sesuai laporan warga dan keluarga korban.

Usai menerima laporan, Polres OKI langsung menurunkan aparat untuk melakukan pemeriksaan kebenaran kasus tersebut.(*)

(L.U005*B014/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010