Karawang (ANTARA News) - Tuan rumah Pelita Jaya mencukur Persela Lamongan dengan skor 6-3 dalam lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Singaperbangsa, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu.

Kemenangan Pelita Jaya disumbang dari hatrik Redouanne Barkaoui, tendangan S Marwan, dan Yuthazak Konzan, sedangkan tiga gol Persela disarangkan oleh Franco Hita, Samsul Arif, dan Fabiano Beltrame.

GOl Pelita Jaya terjadi pada babak pertama menit 23 melalui tendangan Yuthazak setelah pemain tengah itu meneruskan tendangan keras jarak jauh Barkaoui yang sempat tertahan penjaga gawang Persela, Fauzal Mubaraq.

Ketinggalan satu gol, skuad Persela memperhebat serangan hingga pada menit 26 anak asuh Hartono Ruslan itu mendapatkan hadiah tendangan bebas dekat kotak penalti, setelah pemain belakang Pelita Jaya, Ardan Aras, melakukan pelanggaran.

Namun, eksekusi tendangan bebas oleh Martin Zada, tidak membuah gol. Begitu juga pada menit 28, tendangan Kurniawan tidak bisa menggetarkan gawang Pelita Jaya yang dijaga Ali Barkah.

Kurniawan yang berdiri bebas di lini belakang Pelita Jaya, setelah berhasil melewati para pemain belakang Pelita Jaya, tidak berhasil menjebol gawang karena tendangannya membentur tiang gawang.

Begitu juga serangan Pelita Jaya tidak berhasil menambah koleksi gol hingga babak pertama berakhir, skor tidak berubah, Pelita Jaya unggul 1-0 atas Persela.

Memasuki babak kedua, anak asuh Djajang Nurjaman menampilkan permainan yang agresif namun mereka selalu dikandaskan barisan belakang Pelita.

Baru pada menit 50, Barkaoi berhasil menambah keunggulan melalui penalti setelah wasit Joni Parera, menghadiahi tendangan penalti untuk Pelita Jay setelah pemain belakang Persela melakukan pelanggaran, dengan menghadang keras Esteban Vizcarra di area kotak pelanti, saat Esteban tengah membawa bola.

Barkaoui yang mengeksekusi tendangan penalti berhasil mengecoh penjaga gawang Persela, Mubaraq, yang menghadang bola ke sisi kiri gawang yang dijaganya, sedangkan tendangan keras Barkaoui itu bersarang tepat ke sisi kanan gawang. Keunggulan Pelita Jaya bertambah menjadi 2-0 atas Persela.

Mendapat tekanan dari anak asuh Djajang Nurjaman, para pemain Persela berusaha mempertahankan barisan belakang dan menajamkan barisan depan.

Baru pada menit 57, pemain belakang persela, Fabiano Beltrame, berhasil menyarangkan bola ke gawang Pelita melalui tendangan bebas, setelah salah seorang pemain belakang Pelita melakukan pelanggaran. skor berubah menjadi 2-1.

Tetapi, pada menit ke-63, Marwan yang masuk pada babak kedua menggantikan Kusnul Yakin, berhasil membalas dan menambah gol  menjadi 3-1. Tendangan Marwan terjadi setelah pemain Pelita itu memanfaatkan umpan Egi Melgiansyah.

Tendangan Marwan menambah semangat skuad Pelita Jaya. Barkaoui pun berhasil mencetak gol keduanya pada menit ke-67 setelah mendapat umpan dari Marwan.

Barkauoi yang berhasil melewati pemain belakang Persela, bebas berdiri di depan penjaga gawang, terjadilah gol. Kemudian pada menit 73, tendangan Marwan berhasil menggetarkan gawang Persela setelah melewati para pemain belakang Persela.

Dengan dua gol tambahan dari Barkaoui dan Marwan itu, Pelita Jaya menambah keunggulannya menjadi 5-1. Namun, pada menit ke-83, Persela memperkecil gol melalui kaki Franco Hita menjadi 5-2.

Skor itu kemudian berubah setelah pada dua menit waktu tambahan Barkaoui menciptakan gol ketiganya pada menit 91. Namun, gol itu masih bisa dibalas Persela melalui Samsul Arif pada menit ke-92.

Pelita Jaya tetap unggul dengan skor 6-3 atas Persela hingga wasit meniup pluit panjang pertanda berakhirnya pertandingan. (*)

R-MAK/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010