Tokyo (ANTARA News/AFP) - PM China Wen Jiabao tiba di Tokyo, Ahad, untuk pembicaraan tahunan dengan timpalannya dari Jepang yang dimaksudkan untuk membangun kepercayaan antara kedua tetangga raksasa Asia itu.

Wen dan PM Jepang Yukio Hatoyama akan bertemu Senin, setelah keduanya menghadiri pertemuan puncak akhir pekan dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-Bak di pulau peristirahatan Jeju di Korea Selatan, yang didominasi oleh ketegangan soal Korea Utara.

Pada pertemuan puncak itu, China telah melawan tekanan dari Korea Selatan dan Jepang untuk mengecam Korea Utara secara terbuka karena tenggelamnya sebuah kapal perang Korea Selatan, dan hanya minta agar ketegangan regional karena insiden itu diredakan.

Selain Korea Utara, Wen dan Hatoyama juga diperkirakan akan membicarakan masalah bilateral, termasuk pertemuan antara angkatan laut negara mereka di Laut Cina Timur.

Dalam beberapa pekan belakangan, Jepang telah memprotes terhadap tiga insiden, yang mana helikopter China dua kali terbang dekat kapal angkatan laut Jepang dan kapal penelitian laut Cina mengejar sebuah kapal penjaga pantai Jepang.

Selama lawatan tiga harinya di Tokyo, Wen juga dijadwalkan untuk menemui Kaisar Akihito dan para pemimpin usaha Jepang. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010