Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan tinggi gelombang di Perairan Merak-Bakauheni, Senin mencapai satu meter.

Selain itu, cuaca di Selat Sunda bagian Utara tersebut berawan, angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 05-12 knot.

Di Selat Sunda bagian Selatan, cuaca berawan, angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 08-15 knot, dan tinggi gelombang 1,5-2,0 meter.

Cuaca berawan banyak hingga hujan, berpeluang di Selat Bangka bagian Utara, angin bertiup dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 05-10 knot, dan tinggi gelombang 0,3-0,8 meter.

Kemudian, di Selat Bangka bagian Selatan dan Selat Gelasa pun berawan banyak hingga hujan, angin dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 05-15 knot, dan tinggi gelombang 0,5-1,5 meter.

Sementara di Selat Bali bagian Utara (Ketapang - Gilimanuk), Selat Bali bagian Selatan dan Selat Badung, cuaca berpeluang hujan ringan.

Angin di tiga perairan tersebut bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 03-22 knot, dan tinggi gelombang 0,3-2,0 meter.

Sedangkan di Selat Lombok bagian Utara (Padang Bai - Lembar) dan Selat Lombok bagian Selatan, cuaca pun berpeluang hujan ringan, angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 04-22 knot,dan tinggi gelombang 0,8-2,0 meter.

BMKG juga menginformasikan, gelombang 2,0-3,0 meter berpeluang di Laut Andaman, Perairan Utara Aceh, Samudra Hindia Barat Sumatra, Perairan Selatan Jawa hingga NTB, Perairan P. Rote, Laut Timor, Laut Banda, Perairan Kep. Moa - Babar - Kai dan Aru, serta Perairan Selatan Merauke.

Gelombang 3,0-4,0 meter berpeluang di Perairan Kep. Tanimbar dan Laut Arafuru. (T013/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010