Solo (ANTARA) - Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyatakan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas kesehatan yang berkualitas untuk masyarakat.

"Selain itu juga penyediaan fasilitas kesehatan yang terjangkau, aman, dan bermutu bagi masyarakat Indonesia," katanya di sela peresmian Gedung Pelayanan Pengujian dan Kalibrasi serta Gedung Penunjang Pelayanan Loka Pengamanan Fasilitas Kesehatan (LPFK) di Solo, Jumat.

Ia mengatakan gedung tersebut merupakan cita-cita bersama dalam rangka menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pada peralatan kesehatan melalui pengujian atau upaya kalibrasi.

"Semoga dengan adanya gedung baru ini maka pelayanan, pengujian atau kalibrasi alat kesehatan akan makin meningkat," katanya.

Baca juga: Menkes pastikan fisik vaksin COVID-19 dan rantai dingin aman

Baca juga: Menkes India positif COVID-19 usai diberi vaksin uji coba


Dengan demikian, secara menyeluruh mutu pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan juga akan lebih terjamin.

"Gedung ini berdiri di atas tanah yang yang merupakan hasil hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," katanya.

Menurut dia, hibah dari pemprov tersebut merupakan wujud dukungan yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Jateng dan DIY.

Sementara itu, Terawan tiba di gedung yang berada di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo sekitar pukul 14.00 WIB.

LPFK bertugas melaksanakan pengamanan fasilitas kesehatan meliputi sarana, prasarana, dan peralatan kesehatan melalui pengujian, kalibrasi, dan proteksi radiasi di lingkungan pemerintah maupun swasta.*

Baca juga: Menkes diadukan ke Ombudsman terkait revisi PP 109/2012

Baca juga: KOMPAK kembali desak Menkes atasi bahaya rokok dan tembakau

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020