PUPR tawarkan proyek Tol Layang Cikunir-Karawaci kuartal III 2021

PUPR tawarkan proyek Tol Layang Cikunir-Karawaci kuartal III 2021

Foto udara suasana tol Jakarta-Cikampek di Cikunir, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/5/2020). Menurut data Ditlantas Polda Metro Jaya, sebanyak 7.748 kendaraan dipaksa putar balik menuju lokasi asal akibat terjaring razia Operasi Ketupat 2020. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.

Jalan tol kita banyak sekali yang sedang diproses
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengungkapkan dua proyek dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yakni Jalan Tol Layang Dalam Kota Cikunir-Karawaci dan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami, akan ditawarkan pada kuartal III 2021.

"Untuk bidang jalan dan jembatan, ada dua yakni jalan tol dan jalan nontol. Jalan tol kita banyak sekali yang sedang diproses," ujar Menteri PUPR dalam seminar daring di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kementerian PUPR usulkan 9 jalan tol masuk Proyek Strategis Nasional

Pada kuartal sama, Kementerian PUPR juga menawarkan proyek KPBU  berupa pemeliharaan Jembatan Suramadu, Jawa Timur.

Total estimasi biaya investasi untuk ketiga proyek KPBU itu sebesar Rp48,37 triliun.

Sementara, proyek KPBU jalan tol dan jembatan lainnya yakni Jalan Tol Mamminasata, Kamal-Teluknaga-Rajeg, Semanan-Balaraja, Bogor-Serpong via Parung, Sentul Selatan-Karawang Barat, Semarang Harbour (Semarang-Kendal), Gilimanuk-Mengwi, Akses Pelabuhan Patimban, dan Jembatan Batam-Bintan ditawarkan pada kuartal I tahun depan.

Total estimasi biaya investasi proyek KPBU jalan tol dan jembatan yang ditawarkan pada kuartal I 2021 itu sebesar Rp117,3 triliun.

Untuk proyek KPBU jalan tol dan jembatan yang ditawarkan pada kuartal IV 2021 adalah jalan tol ruas Cilacap-Yogyakarta, Demak-Tuban, Jember-Lumajang, Ngawi-Bojonegoro-Babat, Jember-Situbondo, Tulungagung-Kepanjen, dan Samarinda-Bontang, serta proyek jembatan yakni Tanah Bumbu-Pulau Laut dan Muna-Buton.

Total estimasi biaya investasi proyek KPBU jalan tol dan jembatan yang ditawarkan pada kuartal IV 2021 itu sebesar Rp96,6 triliun.

Baca juga: Ribuan kilometer jalan siap dilalui libur Natal-Tahun Baru 2020-2021
Baca juga: Tol Serang-Panimbang Seksi I segera rampung, akan dukung mudik Lebaran

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kementerian PUPR pantau proses revitalisasi Benteng Pendem

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar