Liga Spanyol

Ronald Koeman minta pengertian suporter Barcelona

Ronald Koeman minta pengertian suporter Barcelona

Manajer Barcelona Ronald Koeman (tengah) berbincang dengan megabintang Lionel Messi (kanan) seusai kemenangan tipis atas Levante dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Minggu (13/12/2020). ANTARA/REUTERS/Albert Gea.

...semua orang menuntut Anda memenangi setiap pertandingan
Jakarta (ANTARA) - Manajer Barcelona Ronald Koeman meminta pengertian kepada suporter timnya bahwa Las Blaugranas kini sudah bukanlah klub yang difavoritkan untuk memenangi setiap pertandingan yang akan dijalani.

Ia juga mengaku bahwa dirinya masih sulit menerima beberapa sikap tertentu tentang bagaimana timnya harus bermain.

Barcelona pada Rabu waktu setempat akan menjamu pemuncak klasemen Real Sociedad di Camp Nou dalam pertandingan pekan ke-19 Liga Spanyol, yang dimajukan untuk melempangkan jadwal Piala Super Spanyol Januari nanti.

Pertandingan itu tiba, setelah Barcelona menang tipis 1-0 atas Levante akhir pekan kemarin, untuk menyudahi kekecewaan kalah melawan tim promosi Cadiz di Liga Spanyol serta dipecundangi Juventus di Liga Champions.

Baca juga: Ronaldo antar Juventus tuntaskan revans atas Barcelona
Baca juga: Barcelona tersungkur di markas Cadiz


Kekalahan kontra Cadiz memperburuk awal musim paling negatif Barcelona di Liga Spanyol dalam 33 tahun terakhir, sedangkan hasil kontra Juventus membuat mereka untuk pertama kali sejak 2006/07 gagal menjuarai fase grup Liga Champions.

"Tekanan di sini sangat kuat, semua orang menuntut Anda memenangi setiap pertandingan," kata Koeman dalam jumpa pers yang dilansir Reuters, Selasa malam.

"Tetapi, situasi klub sekarang berbeda dan Anda sekalian harus menerima bahwa kami tidak bisa selalu menang," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, dalam komentar pascalaga setelah mengalahkan Levante, Koeman melontarkan jawaban ketus saat ditanya reporter soal keputusannya memasukkan bek Samuel Umtiti di pengujung pertandingan demi menjaga keunggulan Barcelona, langkah yang dianggap berlawanan dengan filosofi menyerang Las Blaugranas.

Baca juga: Messi bawa Barcelona kembali ke jalur kemenangan
Baca juga: Koeman sebut kemenangan Barcelona lebih penting daripada prosesnya


"Saya bisa memahami kritik ketika kalah empat atau lima pertandingan, tetapi kemarin saya dikritik karena memasukkan bek di menit-menit akhir dan saya tak bisa memahaminya karena kami butuh kemenangan itu," kata Koeman.

"Tapi kami jelas tidak boleh bersuka cita atas hasil yang diraih sejauh ini, kekalahan di pertandingan yang seharusnya tidak terjadi. Kami terus berusaha memperbaiki keadaan dan hasil kemarin cukup penting. Tim bekerja keras dan memperlihatkan sikap bagus dan saya berharap tiga poin itu bisa menyuntik mental untuk pertandingan besok," ujarnya pula.

Barcelona saat ini berada di urutan kedelapan klasemen dengan koleksi 17 poin, dan berpeluang untuk menembus lima besar jika menang lawan Sociedad besok.

Baca juga: Barcelona gelar pemilihan presiden klub 24 Januari
Baca juga: Capres Barcelona: Lionel Messi harus pergi bila tidak mau potong gaji
Baca juga: Hasil undian 16 besar Liga Champions, Lionel Messi hadapi Neymar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Rumah sakit di Barcelona sukses cangkok paru pasien COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar