Piala AFC

PSSI: Persija dan Bali United wakil Indonesia di Piala AFC 2021

PSSI: Persija dan Bali United wakil Indonesia di Piala AFC 2021

PSSI memastikan dua klub Liga 1 Indonesia Persija dan Bali United menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2021 (ANTARA/Juns)

Kedua tim tersebut juga memenuhi persyaratan setelah mendapatkan lisensi klub profesional
Jakarta (ANTARA) - PSSI memastikan dua klub Liga 1 Indonesia Persija dan Bali United menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2021, berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Rabu (16/12).

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Rabu, keputusan itu diambil karena Bali United merupakan juara Liga 1 Indonesia musim 2019 dan Persija adalah peringkat kedua Piala Indonesia 2018-2019.

"Selain itu, kedua tim tersebut juga memenuhi persyaratan setelah mendapatkan lisensi klub profesional dalam proses AFC Club Licensing Cycle tahun 2020," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Iriawan pun berharap Persija dan Bali United dapat memberikan prestasi terbaik di Piala AFC 2021.

Baca juga: Bali United harap bisa kembali tampil di Piala AFC 2021

Sejatinya, perwakilan Indonesia di Piala AFC ditentukan melalui posisi terakhir klub saat Liga 1 Indonesia tuntas dan hasil akhir turnamen nasional atau dalam hal ini Piala Indonesia.

Namun, karena masih diliburkannya Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020 serta belum berlangsungnya Piala Indonesia terkini lantaran pandemi COVID-19, PSSI terpaksa melakukan penunjukan langsung untuk Piala AFC 2021.

Persija dan Bali United menjadi dua klub yang berhasil meraih lisensi profesional AFC pada tahun 2020 bersama lima klub lain yaitu Persipura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib dan Arema FC.

Baca juga: Persija dapatkan lisensi klub profesional AFC setelah banding diterima

Syarat lisensi itulah yang membuat PSM Makassar tidak bisa mengikuti Piala AFC 2021 meski mereka merupakan juara Piala Indonesia 2018-2019 dan sempat tampil di Piala AFC 2020.

Adapun Piala AFC 2020, dalam prosesnya, tidak dilanjutkan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) karena penyebaran COVID-19 belum terkendali di sebagian besar wilayah Asia.

Baca juga: Presiden AFC ajak anggota bersabar hadapi dampak finansial pandemi
Baca juga: AFC alihkan tempat pertandingan semifinal Liga Champions Asia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Suporter aksi boikot, Fakhri: Timnas tetap beri yang terbaik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar