Jakarta (ANTARA) -
Bali United berharap bisa kembali tampil di Piala AFC 2021 setelah klub berjuluk Serdadu Tridatu itu memperoleh lisensi profesional berdasarkan penilaian Club Licensing Committee (CLC) PSSI untuk tahun depan.
 
"Tahun ini kita hilang tiga kesempatan untuk bisa lolos grup, dua pertandingan di rumah dan satu di luar. Mudah-mudahan Bali United memiliki kesempatan untuk main di Piala AFC 2021 dan punya prestasi tahun depan," ujar pelatih Bali United Stefano Cugurra "Teco" dikutip dalam laman resmi klub dari Jakarta, Rabu.
 
Status klub profesional itu menjadi pintu lebar bagi Bali United untuk kembali mewakili Indonesia. Apalagi mereka masih berstatus juara bertahan pada musim 2019 sebelum akhirnya kompetisi 2020 harus ditangguhkan akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Enam klub Liga 1 lolos lisensi AFC 2020
 
Bali punya keuntungan dengan penangguhan kompetisi domestik, mengingat kompetisi musim 2020 direncanakan akan dimulai dan selesai pada tahun depan bila lanjutan Liga 1 digulirkan pada Februari mendatang. Sementara batas pendaftaran perwakilan hingga 22 Desember.
 
Bali United dan PSM Makassar menjadi dua peserta asal Indonesia pada Piala AFC 2020. Namun Piala AFC tahun ini tidak digelar sampai selesai lantaran pandemi dan AFC sulit menemukan tempat pertandingan yang dinilai aman menggelar pertandingan.
 
PSM Makassar sendiri harus dihadapkan pada kenyataan bahwa mereka tak lolos dalam penilaian lisensi klub profesional untuk 2021. PSM jadi wakil Indonesia pada Piala AFC 2020 karena menjuarai Piala Indonesia 2019 setelah mengalahkan Persija Jakarta.
 
Maka dari itu, Teco menganggap bahwa Bali United layak untuk kembali tampil di Piala AFC 2021 dengan mengandalkan status juara Liga 1 Indonesia 2019 apalagi Piala AFC 2020 resmi dihentikan.
 
Fadil Sausu dan kawan-kawan baru menyelesaikan tiga laga sebelum AFC menghentikan kompetisi. Mereka berada di dasar klasemen Grup G karena hanya mengumpulkan satu poin.
 
"Kita pasti ingin Bali United punya prestasi di Piala AFC 2021. Setelah juara Liga 1 2019 lalu, tim ini harus bisa punya prestasi Internasional salah satunya kompetisi Asia. Semua tahu bila tahun 2020 di Piala AFC hanya bermain tiga pertandingan, satu bermain di Bali dan dua laga di luar Indonesia," kata dia.

Baca juga: Fadil Sausu bangga Bali United dapat lisensi klub profesional
Baca juga: Teco berpesan pemain muda manfaatkan kesempatan di timnas
Baca juga: Bali United harap tak ada lagi penundaan kompetisi tahun depan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020