Petugas gabungan lakukan tes cepat wisatawan Kepulauan Seribu

Petugas gabungan lakukan tes cepat wisatawan Kepulauan Seribu

Seorang wisatawan lokal mendokumentasikan aktivitas di Pantai Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Minggu (19/3/2020) (ANTARA/Fauzi Lamboka)

hasilnya non reaktif semua
Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan libur Natal dan Tahun Baru 2021 melakukan tes cepat (rapid test) COVID-19 untuk wisatawan di Kepulauan Seribu.

"'Rapid test' kepada para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pramuka merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran COVID-19," kata Kapolsek Kepulauan Seribu Utara, AKP Josman Harianja, di Pulau Pramuka, Sabtu.

Ia mengatakan, tes cepat antigen itu dilakukan secara acak sesuai kebutuhan untuk para wisatawan yang baru tiba di dermaga Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang.

Petugas gabungan dalam Pos Pengamanan Lilin Jaya 2020 berada di setiap pulau penduduk, tergabung atas Puskesmas Kecamatan dan Kelurahan, Koramil Kepulauan Seribu, Satpol PP Kelurahan Pulau Panggang dan Polsek Kepulauan Seribu Utara.

"Dari 35 orang wisatawan yang tiba di Dermaga Pelabuhan Pulau Pramuka, hasilnya non reaktif semua,” ujar Josman.

Selain melakukan kegiatan itu, Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru Pulau Pramuka juga melakukan kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan kepada warga dan wisatawan.

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu mencatat sebanyak 3.018 wisatawan berkunjung di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, saat libur Natal, 24-25 Desember 2020.

Kunjungan wisatawan itu tercatat pada 24 Desember sebanyak 1.355 orang dan 25 Desember sebanyak 1.663 orang. Lima di antaranya wisatawan mancanegara.

Wisatawan tersebut datang dari berbagai dermaga di antaranya Kaliadem, Tanjung Pasir, Rawasaban dan Marina Ancol.

Baca juga: 3.018 wisatawan berkunjung ke Kepulauan Seribu saat libur Natal
Baca juga: Pelaku pariwisata diminta patuhi aturan libur Natal dan tahun baru

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tim gabungan Polri cari korban dan puing pesawat Sriwijaya Air

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar