COVID-19 jenis baru di Florida serang pasien tanpa riwayat perjalanan

COVID-19 jenis baru di Florida serang pasien tanpa riwayat perjalanan

Seorang tenaga medis membacakan sebuah puisi untuk Daniel Kim, 48 tahun, saat ia meninggalkan St. Jude Medical Center setelah lima bulan dirawat karena penyakit virus korona (COVID-19) di Fullerton, California, Amerika Serikat, Rabu (16/12/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Lucy Nicholson/foc/cfo.

Departemen bekerja sama dengan CDC (Pusat Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit AS) untuk menyelidiki temuan ini
Washington (ANTARA) - Varian baru COVID-19 yang mewabah di Inggris turut ditemukan di Florida, Amerika Serikat, kata pejabat setempat, Kamis (31/12/2020).

Temuan itu jadi kasus ketiga untuk COVID-19 jenis baru di Amerika Serikat.

Departemen Kesehatan Florida mengatakan kasus terbaru ditemukan pada seorang pria berusia 20 tahun di Martin County. Ia tidak memiliki riwayat berpergian atau perjalanan ke Inggris.

Dua kasus lain terkait varian baru COVID-19 Inggris ditemukan di Colorado dan California.

"Departemen bekerja sama dengan CDC (Pusat Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit AS) untuk menyelidiki temuan ini," kata badan kesehatan Florida sebagaimana dikutip dari unggahannya di media sosial Twitter.

Gubernur California Gavin Newsom pada Rabu (30/12/2020) mengatakan varian baru COVID-19, yang diberi nama B.1.1.7 terdeteksi ada di California Selatan.

Gubernur Colorado Jared Polis satu hari sebelumnya mengatakan jenis baru COVID-19 juga ditemukan di negara bagian tersebut. Seorang pejabat kesehatan setempat mengatakan ada kemungkinan pasien lain yang terserang varian baru COVID-19 di Colorado, tetapi dugaan itu masih diselidik lebih lanjut.

Beberapa kasus pada pasien yang tidak memiliki riwayat perjalanan menunjukkan kemungkinan varian baru COVID-19 telah mewabah di Amerika Serikat. Sejumlah ahli kesehatan meyakini varian baru itu lebih cepat menular, tetapi adanya vaksin seharusnya dapat melindungi warga dari ancaman virus.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pengawasan kedatangan pelaku perjalanan dari luar negeri diperketat

Baca juga: WHO berkoordinasi dengan pejabat Inggris mengenai varian baru COVID

Penerjemah: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar