Sepekan, prokes kunci akhiri pandemi hingga bencana terbanyak 2020

Sepekan, prokes kunci akhiri pandemi hingga bencana terbanyak 2020

Ilustrasi - Hasil foto udara kondisi dua desa yang direndam banjir di Kecamatan Pondidaha, Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/7/20). ANTARA/ Jojon.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pengunjung Antaranews mulai dari pendapat epidemiolog bahwa disiplin menerapkan protokol kesehatan merupakan kunci mengakhiri pandemi COVID-19 hingga banjir menjadi bencana yang paling banyak terjadi sepanjang 2020.

1. IPB-LAPAN uji sistem pendukung pemantauan tutupan lahan

IPB University, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan The United Nations Development Programme (UNDP) menguji penggunaan WebGIS EcoSystem dan aplikasi INA-Alert untuk mendukung pemantauan tutupan lahan.

Guna menyempurnakan sistem pendukung pemantauan tutupan lahan, IPB University melaksanakan konsultasi publik dan uji coba pemanfaatan WebGIS EcoSystem dan aplikasi INA-Alert di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, pada 28-29 Desember 2020.

2. Pandemi berakhir bila masyarakat disiplin terapkan protokol kesehatan

Epidemiolog sekaligus Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Sumatera Barat Defriman Djafri mengemukakan pandemi akan berakhir apabila masyarakat atau setiap individu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Tetapi ini yang sulit dilakukan ketika semua aktivitas kehidupan dijalankan," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (31/12).

3. Gempa di Sumba jadi gempa pertama di 2021

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa yang mengguncang Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) Jumat pagi (1/1) dengan kekuatan magnitudo 5,0 sebagai gempa yang dirasakan pertama kali pada 2021.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui keterangan pers mengatakan episenter gempa terletak pada koordinat 9,27 derajat lintang Selatan dan 119,03 derajat bujur Timur, tepatnya di laut pada jarak 21 kilometer arah Barat Laut Kota Tambolaka, ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya dengan kedalaman hiposenter 83 kilometer.

4. Banjir bencana yang paling banyak terjadi sepanjang 2020

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan banjir merupakan bencana alam yang paling banyak terjadi selama periode 1 Januari hingga 27 Desember 2020, yaitu 1.064 kejadian.

Secara kumulatif, terdapat 2.921 kejadian bencana alam yang terjadi di seluruh Indonesia. Bencana mengakibatkan 21.237 jiwa meninggal dunia dan 6.423.072 jiwa mengungsi.

5. Gubernur Jateng sebut Habib Ja'far selalu berikan ketenangan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan almarhum Habib Ja'far Al Kaff merupakan sosok ulama karimastik yang selalu memberi ketenangan kepada semua pihak dan penuh simbol.

"Saya mengucapkan belasungkawa yang dalam atas wafatnya Habib Ja'far. Beliau ulama karismatik yang selalu memberikan ketenangan, kalau berbicara adem dan selalu mengajarkan masyarakat tentang cinta Tanah Air," katanya di Semarang, Sabtu (2/1).

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemprov Jateng kirim bantuan logistik dan relawan untuk NTT

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar