UI sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, dan jalur masuk UI 2021

UI sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, dan jalur masuk UI 2021

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris. (ANTARA/Foto: Humas UI)

UI mengundang seluruh anak bangsa untuk berkompetisi melalui Seleksi Nasional maupun SIMAK UI dan menikmati pendidikan di universitas riset terkemuka di Asia Tenggara yang inklusif dan modern.
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) mulai melaksanakan sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur masuk UI lainnya pada 2021.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia (UI) Prof. Abdul Haris dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan sosialisasi ini diharapkan menjadi sarana komunikasi yang efektif antara pihak kampus dengan siswa/i SMA/sederajat di seluruh pelosok negeri.

"UI mengundang seluruh anak bangsa untuk berkompetisi melalui Seleksi Nasional maupun SIMAK UI dan menikmati pendidikan di universitas riset terkemuka di Asia Tenggara yang inklusif dan modern," katanya.

Ada sejumlah perubahan yang disampaikan dalam proses Seleksi Nasional 2021. Pada jalur Penerimaan SBMPTN 2021 memiliki tiga kelompok ujian, yakni Kelompok Ujian Saintek, Kelompok Ujian Soshum, dan Kelompok Ujian Campuran.

Dikatakannya UI memiliki 9 program studi (prodi) di Program Pendidikan Vokasi, baik jenjang diploma 3 (D3) maupun jenjang diploma 4 (D4) yang baru tahun ini dibuka dengan 6 prodi baru, yakni Manajemen Rekord dan Arsip, Manajemen Bisnis Pariwisata, Produksi Media, Bisnis Kreatif, Prodi Fisioterapi, dan Terapi Okupasi.

Baca juga: Seleksi masuk perguruan tinggi negeri dilakukan secara terintegrasi

Untuk S1 Reguler, UI memiliki 64 prodi, S1 Paralel terdapat 40 prodi, dan di program pendidikan S1 Kelas Khusus Internasional (KKI) terdapat jurusan yang single maupun double degree.

Pada jenjang S1 Paralel, terdapat 4 prodi baru di Fakultas Teknik, yaitu Teknik Perkapalan, Teknik Komputer, Arsitektur Interior, dan Teknologi Bioproses.

Sejumlah pembaruan informasi Penerimaan Mahasiswa Baru UI tahun ajaran 2021/2022 yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

Pertama Jalur Masuk S1 Reguler UI 2021 adalah melalui Seleksi Nasional (SNMPTN & SBMPTN) serta SIMAK UI

Kedua Jalur Masuk S1 Paralel, S1 Kelas Internasional dan Vokasi UI 2021 adalah melalui PPKB/Talentscouting dan SIMAK UI

Ketiga Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Reguler UI adalah 20 persen (melalui SNMPTN) ; 30 persen (SBMPTN - UTBK) dan 50 persen (SIMAK UI)

Keempat Kuota Jalur Penerimaan untuk Vokasi UI adalah 70 persen (melalui PPKB UI) dan 30 persen (SIMAK UI)

Kelima Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Paralel UI adalah 50 persen (melalui PPKB UI) dan 50 persen (SIMAK UI)

Keenam Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Kelas Internasional UI adalah 40 persen (melalui Talentscouting) dan 60 persen (SIMAK UI)

ketujuh Jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2021 jalur masuk SNMPTN dibuka pada 4 Januari-1 Februari 2021 pendaftaran akun LTMPT, 4 Januari-8 Februari 2021 penetapan siswa yang memenuhi syarat oleh sekolah, 11 Januari-8 Februari 2021 pengisian PDSS, dan 15-24 Februari 2021 pendaftaran SNMPTN

Kedelapan Jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2021 jalur masuk PPKB dan Talentscouting pada 4 Februari- 6 Maret 2021

Kesembilan Jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2021 jalur masuk SBMPTN akan dibuka pada 7 Februari-12 Maret 2021 pendaftaran akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN, 15 Maret-1 April 2021 Pendaftaran UTBK SBMPTN, 12-18 April 2021 (Gelombang 1) dan 26 April-2 Mei 2021 (gelombang 2) pelaksanaan UTBK SBMPTN

Kesepuluh Jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2021 jalur masuk SIMAK UI akan dibuka pada 3 Mei – 9 Juni 2021

Kesebelas Materi seleksi SIMAK UI adalah Kriteria Nilai UTBK (untuk pendaftar S1 Reguler) dan nilai ujian SIMAK UI yang terdiri dari Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua Jurusan ditambah dengan Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia (Kemampuan IPA) atau Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi (Kemampuan IPS).

Keduabelas Materi Seleksi SIMAK UI – Kelas Internasional adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science) dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science)

Ketigabelas Materi ujian pada SBMPTN adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) – mengukur kemampuan kognitif seperti kemampuan penalaran dan pemahaman umum dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) – mengukur Pengetahuan dan Pemahaman Keilmuan yang diajarkan di sekolah.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Strap masker berbahaya, Epidemiolog UI sarankan ini

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar