PMI Makassar bersiap menuju Sulbar

PMI Makassar bersiap menuju Sulbar

Pelepasan Tim PMI Makassar menuju Kabupaten Majene, Sulawesi Barat untuk mengirim bantuan bagi korban gempa di wilayah tersebut, Jumat (15/01/2020). ANTARA/HO-PMI Makassar

Makassar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar bersiap mengirim tim gelombang ke II yang berjumlah 12 orang untuk berangkat ke Majene, Sulawesi Barat melalui jalur darat dengan membawa ambulans dan bantuan bagi korban gempa.

"Mereka akan berangkat melalui jalur darat, Jumat malam ini dengan membawa ambulans untuk mengevakuasi korban gempa Sulbar. Serta satu unit mobil pick up dengan muatan bantuan dari para warga Kota Makassar dan sekitarnya," kata Staf Bidang Pelayanan Kesehatan PMI Makassar Fauzan Hanafi di Makassar, Jumat.

Ia mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diperoleh, jalur darat telah terbuka yang dilakukan oleh pihak TNI.

Baca juga: PMI Sulteng kirim relawan dan ambulance ke Sulbar

Sebelumnya, PMI Makassar juga telah mengerahkan tim pertama berjumlah dua orang menggunakan pesawat garuda Jumat siang tadi. Mereka berangkat bersama 12 orang dokter dari PMI Sulsel yang dikomandoi langsung pejabat sementara Ketua PMI Sulsel, Prof Idrus Paturusi.

Setelah sampai ke pusat gempa, fokus utama tim PMI Makassar akan mendata dan mengevakuasi para korban untuk melakukan pelayanan kesehatan.

"Maka dari itu, kami kirimkan relawan dengan spesialisasi kesehatan untuk memberikan layanan kesehatan beserta ambulans untuk evakuasi korban," katanya.

Saat ini, menurut Fauzan, hampir semua PMI kabupaten/kota di Sulsel mengerahkan relawannya untuk memberikan bantuan bagi korban gempa berkekuatan 6,2 SR pada Jumat dini hari tersebut, tepatnya pada pukul 2.28 Wita.

Baca juga: PMI taati protokol kesehatan bantu korban gempa Sulawesi Barat

Sementara melalui akun instagramnya, Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal menyampaikan bahwa pemberangkatan tim gelombang II tanggap darurat bencana PMI Makassar ke Majene, telah melalui pemeriksaan rapid test antigen untuk pencegahan penularan COVID-19.

"Semua relawan dilengkapi rapid test antigen dan assesment kesehatan secara umum, ini untuk memastikan relawan maksimal dalam menjalankan tugas kemanusiaan," urainya

Saat ini, PMI Makassar juga membuka donasi untuk korban gempa bumi di Sulawesi Barat. Bantuan yang akan terkumpul direncanakan akan dikirim kembali pada Selasa mendatang untuk menyuplai bantuan logistik.

Baca juga: Pemkab Sigi segera kirim logistik untuk penyintas gempa Sulbar
Baca juga: IZI Sulsel kirim tim medis dan siapkan dapur umum di Majene


Pemeriksaan rapid test antigen Tim PMI Makassar sebelum menuju Kabupaten Majene, Sulawesi Barat untuk mengirim bantuan bagi korban gempa di wilayah tersebut, Jumat (15/01/2020). ANTARA/HO-PMI Makassar

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PMI gandeng IDI Makassar sosialisasi pencegahan COVID-19 di pasar tradisional

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar