Jakarta (ANTARA) - Minyak hati ikan cod adalah suplemen minyak ikan yang populer sejak tahun 1800-an karena memiliki banyak manfaat yang hingga kini masih banyak digunakan.

Minyak ini adalah sejenis minyak ikan yang dibuat dengan mengekstraksi minyak dari hati ikan cod. Ikan cod Pasifik dan ikan cod Atlantik paling sering digunakan untuk membuat minyak ikan ini.

Minyak hati ikan cod adalah sumber asam lemak omega 3 yang baik (EPA dan DHA) dan mengandung vitamin A dan vitamin D dalam jumlah tinggi, yang berkontribusi untuk masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat dari minyak hati ikan cod, menurut Boldsky, Sabtu.

Meningkatkan kesehatan mata
Minyak hati ikan cod dianggap baik untuk mata karena mengandung vitamin A, yang telah terbukti membantu melindungi dari penyakit mata. Asam lemak omega 3 dalam minyak ikan cod juga baik untuk mendukung kesehatan mata.

Baca juga: Omega-3 ternyata bisa mengurangi rasa cemas

Baca juga: Suplemen minyak ikan tidak mencegah serangan jantung


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Ophthalmology, kombinasi lemak omega 3 dan vitamin A yang ada dalam minyak ikan cod dapat membantu dalam pengobatan glaukoma.

Menurunkan risiko penyakit jantung
Karena minyak hati ikan cod adalah sumber asam lemak omega 3 yang baik, penelitian telah menunjukkan bahwa lemak sehat ini dapat membantu mengurangi trigliserida, meningkatkan kolesterol HDL (baik), dan mencegah pembentukan plak di arteri (aterosklerosis).

Mendukung kesehatan tulang
Hati ikan cod memiliki vitamin D dalam jumlah tinggi, vitamin esensial yang membantu dalam membangun tulang yang kuat dan mencegah risiko penyakit tulang seperti osteoporosis dan osteomalacia.

Mengurangi risiko diabetes
Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara minyak ikan cod dan diabetes. Sebuah studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak ikan cod selama tahun pertama kehidupan dapat menurunkan risiko onset diabetes tipe 1 pada masa kanak-kanak. Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi minyak ikan cod selama kehamilan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 1 pada bayi.

Mencegah infeksi saluran pernafasan atas
Sejumlah penelitian telah menunjukkan hubungan antara minyak ikan cod dan infeksi saluran pernafasan atas. Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa minyak ikan cod dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas pada anak-anak.

Mengurangi gejala arthritis
Minyak hati ikan cod dapat membantu memperbaiki gejala arthritis, terutama rheumatoid arthritis. Sebuah studi menunjukkan bahwa 43 pasien dengan rheumatoid arthritis yang mengkonsumsi 1 g minyak ikan cod setiap hari selama tiga bulan mengalami penurunan gejala rheumatoid arthritis seperti kaku di pagi hari dan nyeri serta sendi bengkak.

Mengurangi peradangan
Peradangan kronis telah terbukti meningkatkan risiko beberapa penyakit. Adanya asam lemak omega 3 dalam minyak ikan cod dapat membantu mengurangi peradangan kronis. Selain itu, vitamin A dan D dalam minyak ikan cod juga dapat membantu mengurangi peradangan.

Mengurangi kecemasan dan depresi
Kecemasan dan depresi adalah penyakit umum yang menyerang sebagian besar orang di seluruh dunia. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 dalam minyak ikan cod dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Meningkatkan kekebalan
Minyak hati ikan kod mengandung banyak vitamin A. Vitamin ini berperan penting dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin A membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, yang pada gilirannya dapat mencegah risiko penyakit menular.

Meningkatkan fungsi otak janin
Asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam minyak ikan cod telah dikaitkan dengan peningkatan pertumbuhan otak janin yang sehat. Studi menunjukkan asam lemak omega 3 jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup selama kehamilan dapat membantu mendukung pertumbuhan otak janin.

Baca juga: Makanan bergizi ini tidak boleh dikonsumsi oleh penderita arthritis

Baca juga: Amankah konsumsi minyak ikan untuk penderita asam urat?

Baca juga: Suplemen minyak ikan dapat tingkatkan kesuburan pria muda

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021