Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan langsung penyerahan bantuan tanggung jawab sosial (CSR) Permodalan Nasional Madani (PNM) berupa gerobak PNM Mekaar kepada nasabah difabel program PNM Mekaar.

Dalam acara bertajuk "Berteman PNM" (Bersama Erick Thohir Temu AO dan Nasabah PNM), Erick memberikan bantuan tersebut kepada nasabah difabel, Mbah Imah, dan mengucapkan apresiasinya. Erick pun berjanji akan mengunjungi tempat Mbah Imah di Desa Peleyan Timur, Kapongan, Situbondo, setelah pandemi berlalu.

"Kita harus berkaca kepada Ibu Imah yang memberi semangat dan inspirasi kepada kita semua. Ibu Imah bisa, kita tentu juga bisa," kata Menteri Erick Thohir dalam acara yang digelar secara virtual, Sabtu.

Mbah Imah merupakan nasabah Mekaar cabang Kapongan yang sudah tergabung sejak tahun 2017. Dalam kesehariannya sebelum pandemi, Mbah Imah berjualan jajanan di salah satu sekolah dasar yang terdapat di sekitar rumahnya.

Baca juga: PNM akui jumlah nasabah Mekaar turun signifikan akibat pandemi Covid

Namun, selama pandemi sekolah tersebut melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan murid-murid belajar dari rumah. Oleh sebab itu, penyerahan bantuan berupa gerobak warung Mekaar ini diharapkan dapat membantu Mbah Imah agar dapat tetap berjualan di depan rumah.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Arief Mulyadi menyampaikan saat ini 90 persen Account Officer PNM adalah perempuan dan 98 persen di antaranya milenial berusia dibawah 25 tahun, dengan mayoritas pendidikan terakhir SMA/SMK.

"Sebagai bentuk apresiasi kami atas pengabdian dan loyalitas mereka dalam mendampingi nasabah, PNM bekerja sama dengan Universitas Terbuka agar AO dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, sebagai bekal mereka di masa yang akan datang," kata Arief.

Baca juga: Presiden arahkan peserta Mekaar PNM di Cilegon manfaatkan modal

Menteri BUMN Erick Thohir turut menyampaikan apresiasi kepada AO PNM, sebagai generasi muda yang langsung turun di garis terdepan membantu nasabah PNM Mekaar.

Erick pun mendukung AO mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi melalui program CSR BUMN, yang arahnya akan lebih besar di bidang pendidikan.

"Saya yakin ada AO yang bisa menjadi direksi. Tetapi tentu diawali dengan pendidikan yang baik. PNM akan melalukan 'mapping' AO yang kinerjanya baik, kami dari Kementerian akan memberikan beasiswa langsung kepada AO di PNM," tambahnya.

Dalam rangkaian acara Berteman PNM, Erick Thohir juga berdialog langsung dengan nasabah PNM Mekaar dan AO dari berbagai daerah. Acara ditutup dengan peluncuran aplikasi Mekaar Digi dan PNM Digi Nasabah yang dilakukan secara simbolis dengan "free throw" bola basket.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021