Hanoi (ANTARA) - Vietnam pada Senin memberikan izin kepada unit Foxconn Technology Co Ltd Taiwan untuk membangun pabrik senilai 270 juta dolar AS buat memproduksi laptop dan tablet, kata pemerintah Vietnam sebagaimana dikutip Reuters.

Pabrik, yang akan dikembangkan oleh Fukang Technology, akan berlokasi di provinsi utara Bac Giang dan setiap tahun akan memproduksi delapan juta unit, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan di situsnya.

Foxconn sejauh ini telah menginvestasikan 1,5 miliar dolar AS di Vietnam dan berencana untuk meningkatkan investasinya sebesar 700 juta dolar AS dan merekrut 10.000 lebih pekerja lokal tahun ini, kata pemerintah.

Secara terpisah, media pemerintah Vietnam melaporkan minggu lalu bahwa Foxconn juga akan menginvestasikan 1,3 miliar dolar AS di provinsi Thanh Hoa, 160 km (99,42 mil) selatan Hanoi.

Foxconn memindahkan beberapa perakitan iPad dan MacBook ke Vietnam dari China atas permintaan Apple Inc, kata seseorang yang mengetahui rencana tersebut pada November, ketika perusahaan AS mendiversifikasi produksi untuk meminimalkan dampak ketegangan perdagangan China-AS.

Foxconn tidak segera menanggapi surel yang meminta komentar.

Baca juga: Apple akan pindahkan produksi iPad dan MacBook ke luar China
Baca juga: Foxconn mulai produksi iPhone di China
Baca juga: Laba kuartalan Foxconn terendah dalam 20 tahun

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021