Jakarta (ANTARA) - Ducati pada Rabu mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kesepakatan dengan Dorna Sports sebagai komitmen pabrikan asal Bologna, Italia itu untuk meneruskan keikutsertaannya di kejuaraan dunia MotoGP dari 2022 hingga 2026.

Ducati debut di kelas premier pada 2003. Setelah enam Grand Prix, mereka mendapatkan kemenangan pertama mereka di Grand Prix Catalan lewat penampilan Loris Capirossi.

Satu tahun berselang, mereka memborong tiga titel juara dunia; konstruktor, pebalap dan tim, bersama Casey Stoner.

Tahun lalu, Desmosedici GP kembali membuktikan diri sebagai motor yang kompetitif di MotoGP hingga menjuarai titel konstruktor kembali setelah meraih dua kemenangan GP (Andrea Dovizioso di Austria dan Danilo Petrucci di Prancis) dan sembilan finis podium. 

Baca juga: KTM perpanjang kontrak dengan MotoGP hingga 2026 

Di musim ke-18 yang mereka jalani di MotoGP, Ducati telah mengoleksi 160 podium termasuk 51 kemenangan.

"Kami senang bisa mengonfirmasi partisipasi kami di MotoGP hingga akhir 2026," kata Manager Ducati Corse Luigi Dall'Igna seperti dilansir laman resmi Ducati.

"Di beberapa tahun terakhir Desmosedici GP telah terbukti sebagai salah satu motor paling kompetitif di grid, dan titel konstruktor 2020 adalah bukti lebih lanjut dari hal itu."

"Kendati regulasi tahun ini tidak memungkinkan pengembangan teknis yang signifikan, kami akan menghadapi musim 2021 dengan semangat dan dedikasi yang sama." 

Baca juga: Dua pebalap Suzuki wajib berbagi data untuk pengembangan GSX-RR 

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta pun menyambut baik komitmen bersama tersebut.

"Kami merasa terhormat untuk mendampingi pabrikan ikonik Italia ini ketika mereka meraih capaian mereka dan sangat senang dengan episode baru dalam sejarah mereka dengan dua bintang muda seperti Jack Miller dan 'Pecco" Bagnaia," kata Ezpeleta.

"Potensi dan talenta mereka tentunya akan menjadi salah satu aset untuk Kejuaraan Dunia FIM MotoGP 2021 yang akan segera dimulai. 

Baca juga: Kantor Ducati digerebek FBI, kenapa? 
Baca juga: Davide Brivio berpisah dengan Suzuki 
Baca juga: Tes pramusim MotoGP di Malaysia batal karena pandemi 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021