Presiden lantik Komjen Sigit sebagai Kapolri Rabu

Presiden lantik Komjen Sigit sebagai Kapolri Rabu

Dokumentasi - Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar (kiri) menyerahkan surat persetujuan DPR RI terhadap pemberhentian Jenderal Pol Idham Azis dan pengangkatan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno (tengah), di Jakarta, Jumat (22/1/2020). ANTARA/HO-Biro Pemberitaan DPR/pri.

Insya Allah beliau (Komjen Sigit) akan dilantik pada hari Rabu, tanggal 27 pekan ini. Insya Allah jika tidak ada halangan
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo rencananya melantik Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo secara resmi sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta pada Rabu 27 Januari 2020.

"Insya Allah beliau (Komjen Sigit) akan dilantik pada hari Rabu, tanggal 27 pekan ini. Insya Allah jika tidak ada halangan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono di Kantor Divisi Humas Polri, Jakarta, Senin.

Sebelumnya pada Rabu (13/1), Presiden Jokowi mengajukan nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ke DPR RI sebagai calon tunggal Kapolri.

Surpres tersebut bernomor: R-02/Pres/01/2021 dan disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Parlemen, Jakarta.

Baca juga: Penanganan hukum di Bareskrim tak terganggu walau Kabareskrim kosong

Baca juga: Komjen Sigit dan Polri yang presisi


Nantinya Sigit akan mengisi jabatan Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa purna tugas pada 1 Februari 2021.

DPR kemudian menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan PPATK pada Kamis (14/1) dan Kompolnas pada Senin (18/1).

Uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri dilaksanakan di DPR RI pada Rabu (20/1).

Melalui rapat paripurna, DPR kemudian menyetujui pengangkatan Komjen Sigit sebagai Kapolri ke 25.

Baca juga: Kapolri baru dan simbol perlawanan pada politik identitas

Baca juga: Komjen Listyo Sigit sampaikan rencana usai disetujui jadi Kapolri

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wujudkan transparansi, Kapolri luncurkan aplikasi Dumas PresisiĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar