SKA/SKT tersebut menjadi syarat utama tenaga pelaksana untuk dapat mengakses akun SiPetruk...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP) mengimbau agar tenaga pelaksana konstruksi untuk melakukan konversi sertifikat konvensional menjadi sertifikat digital dalam rangka untuk mengakses akun aplikasi Sistem Informasi Pemantauan Konstruksi atau SiPetruk

Kepala Divisi Teknologi Informasi PPDPP Moch Ihsan mengimbau kepada tenaga Sertifikasi Keahlian (SKA) atau Sertifikasi Ketrampilan (SKT) agar melakukan konversi sertifikat yang mereka miliki dari yang konvensional (hard copy) menjadi sertifikat digital kepada Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

“SKA/SKT tersebut menjadi syarat utama tenaga pelaksana untuk dapat mengakses akun SiPetruk dengan menggunakan akun SIKI (Sistem Informasi Konstruksi Indonesia) LPJK,” ujar Kepala Divisi Teknologi Informasi PPDPP Moch Ihsan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: PUPR targetkan pembinaan 124 ribu tenaga kerja konstruksi pada 2021

Hal tersebut terkait dengan dimulainya pelaksanaan pilot project aplikasi SiPetruk secara teknis di lapangan.

Lokasi yang pertama kali diambil PPDPP sebagai percontohan adalah Perumahan Bukit Rancamaya Recidence milik PT Rancamaya Griya Sentosa yang tergabung pada asosiasi perumahan Real Estate Indonesia (REI).

Aplikasi SiPetruk merupakan inovasi terbaru dari PPDPP yang bertujuan untuk memastikan kelayakan hunian yang dibangun oleh para pengembang telah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca juga: PUPR gelar percepatan sertifikasi bagi 11.250 tenaga kerja konstruksi

Proses verifikasi kelayakan konstruksi pada SiPetruk terhubung langsung dengan aplikasi SiKumbang (Sistem Kumpulan Pengembang), di mana perumahan yang lolos ketentuan akan dapat ditampilkan pada Aplikasi SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan) untuk dapat dipilih oleh masyarakat yang ingin memilih rumah dan mengajukan permohonan FLPP melalui bank pelaksana.

Per 5 Februari 2021 SiKumbang telah mencatat 9.833 lokasi perumahan terdaftar, dengan 312.130 unit subsidi tersedia, dan 34.061 unit komersil tersedia.

Baca juga: Tenaga kerja konstruksi wajib miliki sertifikat kompetensi kerja

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021