Pers tidak boleh takut diintimidasi oleh siapa pun dalam penyampaian berita aktual karena kerja-kerja jurnalistik dilindungi aturan dan hukum.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni meminta pers Indonesia tetap tegas dan berintegritas dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sehingga para insan pers tetap bijaksana dalam memberitakan kebenaran.

"Pers harus selalu memberitakan kebenaran. Namun, suasana hati bangsa tergantung bagaimana pers memberitakan sesuatu. Apakah yang menenangkan atau ngomporin, pers harus bijaksana dalam memberitakan kebenaran," kata Sahroni di Jakarta, Selasa.

Hal itu dikatakannya terkait dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

Baca juga: Ketua DPD RI: Pers harus menjadi akselerator perubahan

Sahroni juga berharap agar pers Indonesia tidak takut dalam membela dan menyampaikan kebenaran kepada masyarakat karena suasana hati bangsa ada pada pers.

Pers, lanjut dia, juga tidak boleh takut diintimidasi oleh siapa pun dalam penyampaian berita aktual karena kerja-kerja jurnalistik dilindungi aturan dan hukum.

Selain itu, Sahroni menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional 2021 kepada seluruh insan pers Indonesia, pers adalah pilar keempat dari demokrasi.

Politikus Partai NasDem itu mengatakan bahwa kinerja pers Indonesia patut mendapat apresiasi tertinggi pada tahun ini karena telah bekerja keras dalam menyampaikan informasi ke publik.

"Pandemi COVID-19 juga tentunya membuat kinerja para insan pers kian menantang. Munculnya pandemi saat ini membuat kawan-kawan media harus bekerja lebih keras dalam menyampaikan berita, ini harus kita apresiasi," katanya.

Baca juga: HPN 2021 Kapolri minta pers bantu tangkal hoaks yang ancam persatuan

Tema besar HPN 2021 adalah "Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan".

HPN 2021 menghadirkan serangkaian kegiatan, seperti seminar, konvensi, dan acara puncaknya dipusatkan di Ancol.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021