Pesawat Hercules TNI AU kirim bantuan warga Jateng ke Mamuju

Pesawat Hercules TNI AU kirim bantuan warga Jateng ke Mamuju

Tim SoloPeduli (kiri) saat menyerahkan bantuan kemanusiaan logistik kepada kru Pesawat Hercules C-130 A-1330 milik TNI Angkatan Udara (AU) (kanan) untuk diterbangkan ke Mamuju Sulbar di Bandara TNI AU Lanud Adi Soemarmo di Boyolali, Jateng, Kamis (11/02/2021). ANTARA/HO.

TNI AU akan membantu semaksimal mungkin dalam pengiriman bantuan kemanusiaan
Boyolali (ANTARA) - Pesawat Hercules C-130 A-1330 milik TNI Angkatan Udara (AU) mengirim  5 ton logistik bantuan kemanusiaan dari SoloPeduli di Jawa Tengah, untuk korban bencana alam di Mamuju dan Majene Sulawesi Barat, Kamis.

Bantuan kemanusiaan berupa sembako dan kebutuhan lain seberat 5 ton tersebut diberangkatkan dari Lanud Adi Soemarmo yang langsung diserahkan oleh Direktur Utama SoloPeduli Sidik Anshori kepada kru Pesawat Herkules A-1330, Mayor Pnb. Yayan Sofyan, yang selanjutnya akan diterbangkan ke Mamuju Sulawesi Barat.

Mayor Pnb. Yayan Sofyan selaku pilot pesawat Hercules A-1330 menjelaskan pesawat Hercules TNI AU sudah beberapa kali melaksanakan pengiriman bantuan sosial bagi korban bencana gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat.

Baca juga: PMI open donasi untuk korban gempa Sulbar

"TNI AU akan membantu semaksimal mungkin dalam pengiriman bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana alam yang terjadi di Mamuju, Sulbar," kata Yayan.

Direktur Utama SoloPeduli, Sidik Anshori, menjelaskan SoloPeduli bersinergi dengan TNI AU yakni Lanud Adi Soemarmo, mengirimkan sekitar lima ton bantuan kemanusiaan yang dihimpun dari warga Jawa Tengah, untuk korban gempa di Mamuju, Sulbar, dengan pesawat Hercules.

"Tim SoloPeduli mengucapkan terima kasih kepada TNI AU yang telah membantu dalam pengiriman bantuan ke Mamuju, Sulbar, untuk membantu warga korban gempa," kata Sidik.

Baca juga: Pengungsi korban gempa alami kesulitan, TNI-AD bantu air bersih

Tim Siap Siaga Bencana (SIGAB) SoloPeduli akan mendistribusikan langsung bantuan ke Mamuju dan Majene. Logistik berupa sembako dan bantuan lain untuk tempat ibadah dan fasilitas umum merupakan donasi dari berbagai masyarakat yang diamanahkan melalui SoloPeduli.

Menurut dia, pihaknya menerjunkan dua tim SIGAB selaku kordinator lapangan (korlap) dan bagian publikasi dan dokumentasi. Mereka di sana akan bekerja sama dengan mitra pelaksana di Mamuju untuk bisa mendistribusikan bantuan paket sembako dengan target pelosok Mamuju dan Majene dengan tepat sasaran.

Baca juga: TNI AL gunakan helikopter distribusi bantuan ke desa terpencil

"Kami berterima kasih dan rasa gembiranya karena hambatan jarak yang begitu jauh untuk pengiriman bantuan bagi korban bencana yang diamanahkan warga Soloraya khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya bisa terlaksana berkat bantuan, kerja sama dan sinergi dengan TNI Lanud Adi Soemarmo," katanya.

Menurut dia, sinergi dengan Lanud Adi Soemarmo tersebut sungguh mempermudah penyaluran bantuan.

Dia berharap sembako dapat menjadi sumbangsih untuk masyarakat terdampak gempa sehingga kebutuhan pokok dapat tersedia dengan baik. 

Baca juga: TNI AU angkut 14 ton bantuan untuk korban gempa Sulbar

Baca juga: Pesawat TNI AU angkut bantuan logistik ke Mamuju

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar