Jakarta (ANTARA News) - Gagal menyelenggarakan A1 pada Februari ini, Lippo Village dan PP IMI bekerjasama menggelar Seri I GT Championships pada 6-8 Februari di sirkuit jalan raya Lippo Village.

Ajang ini akan berlanjut seri I pada 20-22 Februari dan seri III pada Nopember 2009 sebagai pendukung balapan A1 GP.

Irawan Sucahyono, Ketua Bidang Olahraga PP IMI kepada wartawan di Jakarta, Selasa, mengatakan, ajang ini masuk kegiatan IMI. Sebanyak 25 pembalap tampil di kelas GT Master. Dua kelas lainnya diperlombakan kelas racing star dan promotion.

Selain itu diperlombakan supertouring dengan kelas 2.000cc, 1.600cc, BMW OMR dan 1.500 turbo.

Event ini akan memperebutkan hadiah total Rp150 juta.

Sirkuit jalan raya Lippo Village yang dirancang Tilke memiliki panjang 3,2 km didukung fasilitas lomba otomotif standar internasional dengan dana investasi lebih dari 15 juta dolar AS.

Danang Kemayan Jati, Humas PT Lippo Karawaci Tbk mengatakan, event ini juga menyambut peresmian sirkuit jalan raya internasional pertama di Indonesia dan sekaligus persiapan untuk ajang balap A1 GP pada November 2009. "Peresmian sirkuit ini menurut rencana akan dilaksanakan oleh Presiden SBY," katanya.

Sirkuit sendiri akan rampung dengan tahap pengaspalan terakhir. Sirkuit akan dicek oleh IMI terkait keamanan dan keselamatan perlombaan.

Alvin Bahar, pembalap nasional merasa tertantang tampil di sirkuit baru ini. "Tampil di Sirkuit jalan raya tentu berbeda di sirkuit Sentul," katanya. Ia berharap event ini akan kompetitif dan aman. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009