Sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), maka pendaftaran SNMPTN mulai tanggal 15-24 Februari 2021 sehingga siswa yang dinyatakan 'eligible' (memenuhi syarat) dapat mendaftarkan diri ke program studi PTN yang di
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember (Unej), Jawa Timur mulai membuka pendaftaran jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 dengan kuota sebanyak 2.272 mahasiswa.

"Sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), maka pendaftaran SNMPTN mulai tanggal 15 hingga 24 Februari 2021, sehingga siswa yang dinyatakan 'eligible' (memenuhi syarat) dapat mendaftarkan diri ke program studi PTN yang dipilihnya," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unej Prof Drs Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D di Kabupaten Jember, Senin.

Sebelum memilih program studi yang diminati, lanjut dia, siswa hendaknya aktif mencari informasi selengkap-lengkapnya mengenai program studi tersebut agar tidak salah pilih.

"Siswa dapat mencari informasi mengenai program studi melalui laman PTN dan program studinya, biasanya sudah tersedia informasi mengenai profil program studi, akan belajar apa hingga prospek kerjanya," katanya.

Ia mengatakan Unej menyiapkan sebanyak 2.272 bangku kuliah pada jalur SNMPTN 2021 dan PTN yang dikenal dengan nama Kampus Tegalboto itu memiliki 59 program studi jenjang sarjana yang ada di Kabupaten Jember dan Kampus Unej di Kabupaten Bondowoso.

Siswa lulusan SMK juga dapat memilih program studi yang ada di Unej yang syaratnya selaras dengan jurusannya saat di SMK, misalnya siswa SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan dapat memilih program studi yang ada di Fakultas Ilmu Komputer, atau siswa SMK jurusan Akuntansi bisa memilih Program Studi Akuntansi begitu seterusnya.

"Memang ada program studi yang menerima dari semua jurusan, namun ingat ada pula program studi yang hanya menerima siswa dari jurusan tertentu saja," katanya.

Menurut Slamin semakin selaras antara jurusan di saat sekolah dengan program studi yang akan dipilih maka peluang diterima masih terbuka dan hal itu juga sesuai dengan saran LTMPT agar siswa sebaiknya tidak lintas jurusan.

Sementara itu Wakil Koordinator Humas Unej Rokhmad Hidayanto memaparkan data pendaftar di Unej di jalur SNMPTN tahun 2020 berdasarkan data dari Bagian Akademik tercatat sebanyak 22.043 siswa dari seluruh penjuru nusantara yang mendaftarkan diri ke kampus setempat.

"Dari jumlah tersebut hanya 2.362 orang saja yang lolos seleksi. Unej saat ini memiliki 59 program studi jenjang sarjana yang ada di Kampus Tegalboto, Jember dan Kampus Bondowoso," katanya.

Untuk rumpun Program Studi Sains dan Teknologi, lanjut dia, Program Studi Pendidikan Dokter masih menjadi favorit siswa dengan pendaftar mencapai 1.171 siswa, sementara daya tampungnya hanya 48 kursi saja.

Kemudian rumpun Program Studi Sosial Humaniora yang paling diminati adalah Program Studi Manajemen dengan pendaftar sejumlah 1.122 orang, namun yang diterima hanya 72 mahasiswa, demikian Rokhmad Hidayanto.

Baca juga: Fakultas Kedokteran pilihan favorit SNMPTN Universitas Jember

Baca juga: 22.640 peserta ikuti UTBK-SBMPTN 2019 di Universitas Jember

Baca juga: Duta Kampus Unej bantu sosialisasikan SNMPTN-SBMPTN 2018

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021