ACT NTB siapkan bantuan air bersih untuk korban banjir

ACT NTB siapkan bantuan air bersih untuk korban banjir

Relawan ACT NTB membagikan makanan siap santap kepada warga terdampak banjir di Kelurahan Samapuin, Kabupaten Sumbawa, NTB. ANTARA/HO/ACT NTB.

melakukan normalisasi sumur dengan cara menyedot air dan lumpur
Mataram (ANTARA) - Organisasi nirlaba yang berpusat di Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Nusa Tenggara Barat menyiapkan bantuan air bersih untuk para korban banjir di Kabupaten Lombok Tengah, dan Lombok Barat karena sumur warga banyak terdampak.

"Kalau banjir biasanya yang terganggu sumber air sehingga kami perlu menyalurkan bantuan air bersih untuk kebutuhan mandi cuci dan kakus serta untuk konsumsi," kata Kepala Cabang ACT NTB Juaini Pratama, di Mataram, Senin.

Banjir melanda Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, pada 30 Januari 2021. Jumlah jiwa yang terdampak banjir sebanyak 900 orang dan jumlah rumah tergenang air sebanyak 400 unit.

Pada hari yang sama, banjir juga melanda pemukiman penduduk di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Sebanyak 350 keluarga terdampak bencana alam tersebut.

Juaini mengatakan penyaluran bantuan air bersih akan menyasar warga terdampak banjir di Kecamatan Pujut, dan Kecamatan Sekotong, namun diprioritaskan yang terdampak paling parah dan sumber airnya belum normal hingga saat ini.

Baca juga: ACT NTB kirim bantuan untuk korban banjir Sambelia

Baca juga: 350 keluarga terdampak banjir di Lombok Tengah


"Rencana penyaluran bantuan air bersih akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Penyaluran akan dilakukan bersama dengan komunitas kepemudaan dan kerelawanan yang ikut menggalang dana untuk korban banjir Kalimantan Selatan, dan gempa bumi di Sulawesi Barat," ujarnya.

Kepala Program dan Kerja Sama ACT NTB M Romi Saefuddin menambahkan volume penyaluran bantuan air bersih direncanakan sebanyak dua mobil tangki di satu titik per hari. Namun tergantung kondisi di lapangan.

Lokasi penyaluran tidak hanya di pemukiman penduduk, tetapi juga akan menyasar beberapa pondok pesantren dan tempat ibadah yang sumber airnya belum normal akibat banjir.

"Kami juga berencana melakukan normalisasi sumur dengan cara menyedot air dan lumpur di dalam sumur menggunakan mesin. Itu sedang kami siapkan," ucapnya.

Selain bantuan air bersih, ACT NTB juga akan menyalurkan bantuan Al-Quran karena ada beberapa pondok pesantren terdampak banjir yang meminta bantuan tersebut.

Sebelumnya, ACT NTB juga sudah menyalurkan bantuan makanan siap santap kepada korban banjir di Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat, dan bantuan kebutuhan pokok untuk warga terdampak banjir di Kabupaten Sumbawa.

Baca juga: Lima dusun di Lombok Barat diterjang banjir bandang

Baca juga: ACT distribusikan makanan siap santap untuk korban banjir di Lombok

Pewarta: Awaludin
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bupati Bangka serahkan 65 unit bantuan air minum perdesaan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar