Polda Metro tangkap jambret spesialis incar anak kecil

Polda Metro tangkap jambret spesialis incar anak kecil

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus berikan keterangan dalam penangkapan dua jambret yang kerap mengincar anak kecil di Polda Metro Jaya, Kamis (18/2/2021). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat.

Dua orang tersangka, kita amankan inisial HIS dan H
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menangkap dua orang diduga pelaku penjambretan spesialis pengincar anak kecil yang membawa barang berharga di pinggir jalan.

"Dua orang tersangka, kita amankan inisial HIS dan H. Keduanya spesialis jambret dengan menggunakan sepeda motor. Jadi, spesialis anak-anak kecil yang ada di pinggir jalan yang pegang HP dan barang berharga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Kamis.

Meski demikian, Yusri tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai kapan dan dimana kedua tersangka tersebut ditangkap.

Yusri menjelaskan kedua tersangka ditangkap setelah aksinya saat merampas kalung emas milik seorang anak kecil di Kebagusan, Pasar Minggu pada 14 Februari 2021 terekam kamera CCTV dan viral di media sosial.

"Saat itu dua tersangka patroli lihat anak kecil di pinggir jalan, dia tanya alamat sambil pantau anak kecil ini miliki barang berharga yang bisa diambil. Dilihat ada kalung emas yang dipegang korban, dengan cara kekerasan, merebut, merampas dan melarikan diri," tambahnya.

Baca juga: Dua residivis penjambret anak ditangkap polisi

Saat diperiksa petugas diketahui pencurian dengan kekerasan ini bukanlah aksi pertama kedua pelaku. Keduanya mengaku sudah beraksi lebih dari sepuluh kali.

"Mereka beraksi di Depok, Jakarta Selatan. Di 2020 sudah lakukan tiga kali. Satu sempat tidak berhasil, di 2019 baru 10 kali," kata Yusri.

Yusri mengatakan pihak kepolisian saat ini masih menduga adanya keterlibatan tersangka lainnya dalam aksi tersebut.

Akibat perbuatannya kedua tersangka dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Baca juga: Penjambret ibu gendong anak di Tanjung Duren lebih sekali menjambret

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar