Jalan Jatinegara Barat tersendat akibat banjir

Jalan Jatinegara Barat tersendat akibat banjir

Arus lalu lintas Jalan Jatinegara Barat, Kelurahan Kebon Pala, Jatinegara, pada Sabtu siang tersendat akibat genangan air setinggi kurang lebih 30cm, Sabtu (20/2/2021). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat.

Jakarta (ANTARA) - Arus lalu lintas Jalan Jatinegara Barat, Kelurahan Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta Timur, pada Sabtu siang tersendat akibat banjir setinggi kurang lebih 30 sentimeter (cm).

Pantauan di lokasi pukul 14.00 WIB, genangan berada di titik kenal Jembatan Tongtek yang merupakan perbatasan antara Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan, dengan Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur.

Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur telah mengerahkan sebanyak tiga unit kendaraan pompa untuk menguras air yang menggenangi jalan

"Di titik ini ada tiga unit, yaitu quick response, pompa high pressure 10.000 liter dan medium preasure," kata Komandan Regu Pemadam Kebakaran Sektor 1 Matraman Agung KP di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu siang.

Agung mengatakan ada 12 personel yang berjaga di lokasi untuk mengoperasikan 3 unit kendaraan pompa. Dia juga mengatakan genangan di lokasi diperkirakan terjadi sejak subuh.

Baca juga: Lalin di Jalan Jatinegara Barat tersendat akibat genangan
Baca juga: Genangan di Kantor Kelurahan Jatinegara akibat minim resapan
Komandan Regu Pemadam Kebakaran Sektor 1 Matraman Agung KP memeriksa operasional unit pompa untuk menguras air yang menggenangi jalan Jatinegara Barat, Kelurahan Kebon Pala, Jatinegara, pada Sabtu siang (20/2/2021). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Meski demikian, Agung tidak bisa memperkirakan kapan genangan bisa teratasi, menurutnya hal itu tergantung pada curah hujan di daerah hulu. Dia juga menyebut genangan air dilokasi merupakan air kiriman.

"Tergantung cuaca di hulu, dalam hal ini di Bogor. Ini air kiriman dari hulu dan ditambah curah hujan di DKI yang tinggi," katanya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melaporkan tidak kurang dari 40 ruas jalan di wilayah Jakarta terendam banjir akibat guyuran hujan lebat dan limpasan sungai, Sabtu pagi.

Rute yang dilaporkan tergenang air yakni di Jalan DI Panjaitan, Cawang, terendam banjir setinggi 50 sentimeter tepatnya di sekitar kolong Tol Cawang

Lokasi lainnya tersebar di beberapa titik, di antaranya kawasan Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, yang saat ini lumpuh total dan memutus lalu lintas ke arah Kuningan dan Blok M serta sebaliknya.

Selain itu banjir juga menyergap kawasan Hek dekat Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tanah Bumbu Kalsel dilanda banjir, 104 jiwa sudah dievakuasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar