Waspadai hujan disertai petir dan angin kencang di Jakarta

Waspadai hujan disertai petir dan angin kencang di Jakarta

Dokumentasi - Pria berpayung berjalan saat awan mendung menggelayut di atas kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (13/6). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/mes/pri.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat agar mewaspadai hujan disertai petir dan angin kencang di DKI Jakarta pada Selasa siang.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakbar, Jakpus, Jaksel dan Jaktim pada siang hari," demikian peringatan dini yang dilansir melalui laman BMKG.

Pada Selasa siang seluruh wilayah Jakarta diguyur hujan berskala ringan dan sedang. Hujan disertai petir diprediksi berlangsung di wilayah Jakarta Barat.

Beranjak malam, langit Jakarta seluruhnya berawan. Situasi itu berlangsung hingga dini hari, kecuali wilayah Kepulauan Seribu yang diguyur hujan berskala ringan.

Prakiraan suhu di enam kawasan Jakarta rata-rata berkisar m 23-31 Celcius dengan tingkat kelembapan 60 hingga 95 persen.

Baca juga: DKI rencanakan bangun 300 ribu sumur resapan pada 2021
Baca juga: Anies: Banjir sudah surut 100 persen sejak Senin dini hari


BMKG juga memperingatkan masyarakat perihal cuaca ekstrem. Potensi hujan lebat diprediksi masih terjadi selama sepekan ke depan di wilayah Jabodetabek.

"Saat ini dalam periode musim hujan setidaknya sampai akhir Maret atau akhir Februari perlu menjadi kewaspadaan, artinya sampai berakhirnya musim hujan ini," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam konferensi pers daring di Jakarta.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BMKG prediksi siklon tropis yang berpotensi sebabkan cuaca ekstrem

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar