Kabupaten Bogor terima 7.730 vaksin COVID-19 tahap dua

Kabupaten Bogor terima 7.730 vaksin COVID-19 tahap dua

Sebanyak 7.730 vaksin COVID-19 tiba di Kantor Dinkes Kabupaten Bogor, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/2/2021). ANTARA/HO-Pemkab Bogor.

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali menerima 7.730 vaksin COVID-19 tahap dua dari Kementerian Kesehatan yang diantar oleh PT Pos Logistik.

"Vaksin tahap dua sudah datang, sebanyak 7.730 vaksin sudah disimpan di Kantor Dinkes," ungkap Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor, Achmad Zainudin di Cibinong, Bogor, Rabu.

Menurutnya, ribuan vaksin tersebut diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes), ditambah petugas pelayan publik yang diprioritaskan seperti TNI, Polri dan Satpol PP karena dianggap sebagai orang-orang yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Pria yang akrab disapa dr Zain itu menyebutkan bahwa pelaksanaan vaksinasi tahap dua rencananya dimulai pada Kamis (25/2) di masing-masing kantor instansi yang terlibat.

Baca juga: Bupati Bogor gandeng pemuka agama yakinkan kehalalan vaksin COVID-19

Baca juga: Hari ini 25.600 vaksin COVID-19 tiba perdana di Kabupaten Bogor


"Polisi di Polres Bogor, kemudian tentara di Kodim 0621 dan di Lanud Atang Sanjaya begitu pula yang lainnya. Vaksin akan diberikan kepada sekitar 34 ribuan orang yang sudah kami data sebelumnya," ujar dr Zain.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor, Dedi Syarif menjelaskan pada tahap kedua vasksinasi di Kabupaten Bogor sasarannya adalah kurang lebih 5.000 orang nakes yang masih tersisa dari total 12.800 nakes se-Kabupaten Bogor.

“Mereka akan kita langsung berikan vaksin secara serentak selama dua hari ke depan, mudah-mudahan pekan ini selesai. Setelah itu kita agendakan untuk para pelayan publik,” jelas Dedi.

Jenis vaksin yang datang kali ini berbeda dengan sebelumnya. Jika pada tahap pertama dalam kemasan dus tunggal tapi kalau yang sekarang ini multi dus.

"Satu dus bisa digunakan oleh sembilan orang, jadi vaskinasi tahap dua ini untuk sekitar 34 ribu orang, semuanya sudah kita buatkan jadwal," terangnya.

Di samping itu, pihaknya juga akan menjadwalkan vaksinasi untuk lansia yang berdomisili di zona merah. Ia mencatat ada sekitar 240 ribu lansia yang akan diprioritaskan pada vaksinasi COVID-19 tahap kedua.*

Baca juga: Kabupaten Bogor rampungkan pendataan penerima vaksin COVID-19

Baca juga: Bupati Bogor bagi kuota 1,2 juta vaksin ke 11 kategori warga

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden Jokowi tinjau vaksinasi massal COVID-19 di Kota Bogor

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar