Jakarta (ANTARA) - Trie Utami dan Tompi berkolaborasi lewat lagu jazz ciptaan Glenn Rotty "Kamu", yang diproduksi oleh perusahaan rekaman Legenda Musikindo.

"Mulanya kita mencari penyanyi yang sama-sama 'nakal', karena berangkat dari lagunya yang menurut kami cukup spesifik dan nggak banyak yang bisa bawain. Lalu saya berpikir siapa yang bisa cocok dengan style lagu ini? Cuma satu nama yang muncul, pak dokter (Tompi) ini," kata Trie dalam siaran pers pada Jumat.

Trie menjelaskan, pengertian "nakal" memiliki arti kemampuan penyanyi untuk cepat beradaptasi dengan lagu yang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi. "Selain 'nakal', juga free dalam arti bahwa si penyanyi mampu menerjemahkan lagu-lagu seperti ini," kata penyanyi yang namanya melambung bersama band Krakatau tersebut.

"Kita semua terlibat dari awal (pengerjaan lagu). Dan mungkin juga kita berdua bukan jenis penyanyi yang terima 'barang' (lagu) jadi terus tinggal nyanyi. Dalam hal pengerjaan lagu ini, keterlibatan kita berdua mulai dari lagu masih mentah," kata Trie menambahkan.

Baca juga: Garap "Paras Cantik Indonesia", Tompi belajar tentang hidup

Sementara, Tompi, penyanyi yang juga dokter spesialis bedah plastik, menyatakan bahwa berduet dengan Trie Utami merupakan salah satu impiannya. "Yang hubungi Trie Utami, ya gue enggak mikir dua kali dan memang sudah masuk dalam list hidup gue, duet dengan Trie Utami," ungkap penyanyi yang memiliki nama asli Teuku Adifitrian itu.

"Sialnya, lagunya enak!" Kata Tompi.

Sepikiran sejak mula penggarapan "Kamu" hingga masuk dapur rekaman, lanjut Tompi, tentunya memuluskan langkah kolaborasi lagu jazz tersebut. "Satu hal yang penting dalam kolaborasi itu adalah tahu diri. Lalu kemudian tujuan kolaborasi adalah saling mengisi dan saling memperkuat," kata Tompi.

"Kita berdua sangat memikirkan detail lagu ini, seperti dari sisi keyboard, bas, dan sebagainya. Sangat mendetail sehingga ada energi yang muncul di lagu tersebut, dimana kita terlibat dari awal," ujar Trie Utami, menimpali pernyataan tandem duetnya tersebut.

Sementara itu, Glenn Rotty mengapresiasi profesionalisme yang ditunjukkan dua talenta musik Indonesia itu. Baginya, ada sebuah kenikmatan tersendiri bekerja sama dengan Trie Utami dan Tompi dalam pengerjaan lagu, sebelum dilempar ke pasar musik Tanah Air.

"Saya nikmati semua proses ini dari awal sampai ke tahap pembuatan klip video. Ada semangat besar dari kami semua untuk memberikan yang terbaik bagi single ini," kata dia.

"Kamu" merupakan tembang yang dikerjakan para musisi jazz kawakan milik Indonesia. Trie Utami dan Tompi mengisi duo vokal, Indra Lesmana memperkuat keyboard/electric piano, Echa Soemantri (drum), Bass. G (brass section dan flute), serta Stefanus (guitar/arranger).

Sementara, mastering lagu ini dikerjakan di Amerika Serikat oleh Ted Jensen, yang sukses mengantarkan lagu Come Away with Me (Norah Jones) meraih penghargaan Grammy untuk kategori "Album of the Year" dan "Best Pop Vocal Album". "Inilah lagu jazz Indonesia yang ditunggu-tunggu pada tahun ini, yang tentunya kami harapkan dapat memanjakan para penikmat musik jazz di Indonesia," pesan Presiden Direktur Legenda Musikindo Faisal Nurdin.

Selain lagu "Kamu", dua single lainnya yang telah dirilis Legenda Musikindo pada tahun ini adalah "Kau dan Aku" (Dudy Oris dan Lala Karmela) dan "Sudah Waktunya" (The Gentlemen).

"Kamu" hadir di berbagai digital store pada 26 Februari 2021, yang dibarengi peluncuran klip video (disutradarai oleh Anton Ismael) dari lagu tunggal ini melalui kanal Legenda Musikindo di YouTube.

Baca juga: Trie Utami luncurkan album "Kekasih Bayangan" dengan aransemen baru

Baca juga: Gelegar musik Krakatau di Jatiluhur Jazz Festival 2019

Baca juga: Monolog musikal Srintil, Tri Utami perankan tujuh karakter

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021