4 Tips agar Pulsa Telepon Seluler Tetap Awet

4 Tips agar Pulsa Telepon Seluler Tetap Awet

Warga membeli pulsa telepon seluler di salah satu toko di Jakarta, Sabtu (30/1/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (Antara) - Ponsel atau telepon genggam telah menjadi salah satu perangkat elektronik yang wajib dimiliki oleh semua orang. Bagaimana tidak? Gawai berukuran genggaman tangan tersebut mampu memberikan berbagai fasilitas dan fitur yang dapat memudahkan manusia menjalani aktivitasnya setiap hari.

Mulai dari berkomunikasi, terhubung ke internet, hingga sarana hiburan tersedia di perangkat yang praktis tersebut. Jadi, tidak mengherankan jika saat ini, hampir semua orang telah memiliki ponsel atau smartphone masing-masing.

Kendati demikian, agar bisa memanfaatkan fitur yang ada pada ponsel, pengguna harus rela merogoh kocek untuk membeli pulsa. Tanpa adanya pulsa, smartphone akan kehilangan sebagian besar fitur dan manfaatnya. Dalam kata lain, gadget yang berukuran satu telapak tangan tersebut akan sulit menjadi perangkat yang mampu memudahkan aktivitas Anda sehari-hari.

Memang, bagi sebagian orang membeli pulsa terlalu sering dapat berujung ke masalah keuangan yang pelik. Oleh karenanya, solusi satu-satunya adalah dengan mencari cara agar pemakaian pulsa telepon bisa lebih awet meski Anda masih tetap mampu merasakan manfaat smartphone secara maksimal.

Nah, jika Anda mengalami kesulitan untuk menghemat pulsa seluler, tenang saja. Ada banyak tips dan perencanaan yang bisa dilakukan agar pemakaian pulsa tidak lagi membuat kantong kering. Tanpa panjang lebar lagi, segera praktekkan 4 tips anti boros pulsa seluler berikut ini agar keuangan tetap terjaga.

1. Gunakan Paket Seluler yang Sesuai Kebutuhan

Kebanyakan pengguna telepon seluler mungkin hanya sekadar membeli pulsa dan menggunakannya saat dibutuhkan. Padahal, ada cara lain yang bisa membuat pemakaian pulsa menjadi jauh lebih efektif dan pastinya membuat pengeluaran lebih hemat. Cara yang dimaksud adalah dengan memanfaatkan paket seluler yang ditawarkan oleh operator yang digunakan.

Tentunya, ada banyak pilihan paket seluler yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan kebiasaan komunikasi. Sebagai contoh, Anda bisa memilih paket SMS sepuasnya jika memang aktivitas komunikasi kebanyakan menggunakan layanan tersebut. Atau bisa juga memilih paket telepon jika memang Anda sering melakukan panggilan.

Dengan menggunakan paket seluler yang tepat sesuai kebutuhan, Anda tidak akan lagi banyak mengeluarkan uang dan mampu mengalokasikannya ke hal lain yang lebih penting. Jadi, jika merasa pemakaian pulsa terlalu boros, jangan tunda lagi untuk melirik paket seluler yang mungkin memberikan banyak keuntungan.

2. Beralih ke Aplikasi Media Sosial

Perkembangan teknologi dan berbagai inovasi di industri digital pada dasarnya bertujuan untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan aplikasi media sosial, seperti WhatsApp, Line, dan beberapa aplikasi lainnya untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan telepon secara gratis.

Alternatif ini tentu jauh lebih efektif ketimbang harus menggunakan pulsa setiap kali ingin berkomunikasi menggunakan telepon genggam. Akan tetapi, di sisi lain, Anda harus senantiasa menyediakan koneksi internet agar bisa menggunakan aplikasi media sosial setiap waktu.

Ada 2 pilihan agar smartphone dapat selalu terhubung ke internet. Yang pertama dengan membeli paket data internet, atau yang kedua dengan mencari koneksi internet dari jaringan Wi-Fi. Asal ponsel terkoneksi pada salah satu dari kedua jaringan internet tersebut, Anda bisa dengan bebas mengirim pesan dan telepon tanpa perlu khawatir pulsa akan terkuras.

3. Jangan Ragu Pindah ke Sistem Pembayaran Pasca Bayar

Sedikit orang yang tahu bahwa layanan seluler dengan sistem pembayaran pasca bayar relatif lebih terjangkau ketimbang prabayar. Dahulu, banyak orang yang enggan menggunakan kartu seluler pasca bayar karena dianggap lebih mahal dan berisiko membuat kondisi keuangan berantakan.

Tapi, perlu diingat jika anggapan tersebut mungkin saja benar di masa lalu saja. Sebab, saat ini, bisa dibilang keadaan sudah berbalik alias tidak ada alasan lagi untuk menolak menggunakan layanan pasca bayar jika Anda tergolong boros memakai pulsa seluler.

Beberapa alasannya adalah kartu SIM pasca bayar dapat membantu Anda untuk membatasi pemakaian telepon. Selain itu, pilihan paket seluler pada jenis kartu ini juga lebih beragam dan sesuai dengan kebutuhan bulanan penggunanya. Singkatnya, menjadi pengguna kartu pasca bayar memudahkan Anda untuk mengontrol pengeluaran pulsa agar tidak melebihi anggaran yang telah ditentukan.

4. Ganti Operator Seluler Sesuai dengan Mayoritas Nomor Kontak

Tips terakhir dalam menghemat pulsa seluler adalah dengan mengganti nomor ponsel dengan operator yang banyak digunakan oleh relasi pada daftar kontak. Sudah menjadi rahasia umum jika mengirim SMS dan telepon ke sesama operator membutuhkan biaya pulsa yang lebih sedikit, bahkan tanpa biaya apapun.

Memang terkesan harus mengalah, namun cara ini ampuh membuat pengeluaran untuk membeli pulsa Anda dapat terpangkas secara signifikan. Jadi, tidak ada salahnya bukan berkorban sedikit demi memiliki arus keuangan yang lebih sehat dan terjaga?

Contohnya, apabila sebagian besar relasi Anda menggunakan provider Telkomsel, maka gantilah nomor dengan nomor Telkomsel dan sekaligus berlangganan paket internet Telkomsel. Lebih hemat bukan?

Komunikasi Tetap Jalan dengan Tepat Menggunakan Pulsa Seluler

Ibarat kayu dengan api, fitur komunikasi pada ponsel tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya media pulsa. Semakin sering aktivitas komunikasi dilakukan, semakin cepat pula pulsa tersedot dan akhirnya habis tak bersisa. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan tips di atas agar Anda mampu menghemat pemakaian pulsa seluler dan tetap melakukan komunikasi dengan semestinya tanpa terganggu.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar