Kita dukung motor listrik dan penggunaannya nanti tidak hanya di lima destinasi superprioritas tapi juga destinasi-destinasi lainnya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno  mendukung pengembangan pariwisata berbasis otomotif di Indonesia.

"Saya mengapresiasi gagasan Wonderful Ride Indonesia. Bagaimana wisata berbasis otomotif ini bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan pariwisata di Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga saat menerima audiensi Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) di Jakarta, Selasa.

Menparekraf mengapresiasi rencana dan program yang akan dijalankan PWOI dalam mengembangkan wisata otomotif.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga optimis vaksinasi bangkitkan pariwisata RI 2021

Salah satu program yang digagas PWOI adalah Wonderful Ride Indonesia, sebuah gerakan untuk mendorong empowerment wisata berbasis otomotif di Indonesia.

Turut hadir mendampingi Sandiaga, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Neil El Himam, serta Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Kreativitas Josua Simanjuntak.

Menparekraf mendorong PWOI dapat berinovasi dan beradaptasi, termasuk berkolaborasi dengan banyak pihak. Terlebih, pada masa pandemi seperti sekarang ini untuk dapat mendorong bangkitnya pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tren pariwisata ke depan, dikatakan Menparekraf, para wisatawan akan lebih memilih konsep wisata yang lebih personalized, localized, dan smaller in size. Wisata berbasis otomotif ini sangat sejalan dan juga memberikan pengalaman berwisata lebih bagi wisatawan.

"Kita akan mendukung pengembangan pariwisata berbasis otomotif ini di Indonesia," kata Sandiaga.

Ketua Umum PWOI Rezza Artha menjelaskan melalui gerakan ini pihaknya ingin masyarakat otomotif Indonesia berpartisipasi lebih jauh dengan dunia pariwisata.

Mereka melihat korelasi yang kuat antara dunia otomotif dengan pariwisata Indonesia, dengan pariwisata yang maju perlu didukung dengan masyarakat otomotif yang juga maju.

Secara umum, PWOI mengajak masyarakat lebih aktif berwisata menggunakan kendaraan miliknya baik sepeda motor mobil atau tipe lainnya. Pariwisata merupakan sektor yang dapat secara cepat digerakkan dalam rangka pemulihan ekonomi dibanding sektor-sektor lainnya yang masih membutuhkan persiapan.

"Kita melihat di beberapa lokasi akan kesuksesan event-event otomotif, bagaimana mereka dapat sampai meningkatkan okupansi hotel, rumah makan, dan sebagainya. Itu yang mau kita dukung ke depan bagaimana penggemar otomotif Indonesia semakin berkontribusi positif terhadap perekonomian terutama di bidang pariwisata," kata Rezza.

Dalam kesempatan ini, PWOI juga mengampanyekan penggunaan sepeda motor listrik "Gesits" di destinasi sehingga dapat berwisata dengan berkendara secara aman, tertib, sehat, dan menyenangkan.

Sandiaga pun mendukung kampanye penggunaan sepeda motor listrik ini di destinasi pariwisata Indonesia.

"Kita dukung motor listrik dan penggunaannya nanti tidak hanya di lima destinasi superprioritas tapi juga destinasi-destinasi lainnya," katanya.

Baca juga: Menparekraf ajak pramuwisata pahami konsep pariwisata berkelanjutan
Baca juga: Menparekraf optimistis Beli Kreatif Danau Toba mampu bangkitkan UMKM

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021