Jakarta (ANTARA) - Juventus memangkas jarak dari posisi puncak klasemen Liga Italia setelah menghajar Spezia 3-0 dalam laga pekan ke-25 di Stadion Allianz, Turin, Selasa waktu setempat, ketika Cristiano Ronaldo menandai penampilannya yang ke-600 dalam pertandingan liga dengan sebuah gol sehingga menjadi pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam paling sedikit 20 pertandingan pada 12 musim terakhir lima liga top Eropa.

Kemenangan ini membuat Juventus yang berada pada posisi ketiga kini mengoleksi 49 poin atau hanya tujuh poin dari pemuncak klasemen Inter Milan yang baru bermain Jumat dini hari WIB.

Sedangkan Spezia (25) yang menelan kekalahan kedua dalam tiga pertandingan terakhirnya turun ke urutan ke-16, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Baca juga: Klasemen Liga Italia: Inter kian kuat mencengkeram di puncak

Spezia mengawali pertandingan dengan baik ketika Diego Farias mengirimkan umpan terobosan, namun penyelesaian Riccardo Marchizza menghantam bagian luar jala gawang tuan rumah.

Juve perlahan mengambil kendali permainan dan menciptakan peluang ketika Alex Sandro mengirim umpan matang ke arah Dejan Kulusevski, tetapi kiper Ivan Provedel keluar dari sarang untuk menghalau bola.

Tiga menit jelang turun minum, Cristiano Ronaldo hampir membuka keunggulan Juventus setelah menerima umpan sodoran Kulusevski yang membentur tiang gawang.

Pada menit ke-61, dua pemain pengganti Federico Bernardeschi dan Alvaro Morata melakukan kerja sama apik untuk menjebol gawang Spezia sekaligus membuka keunggulan Juventus.

Gol Morata itu, awalnya dianulir karena hakim garis mengangkat bendera pertanda offside terhadap Bernardeschi, tetapi setelah berkonsultasi dengan VAR wasit Juan Luca Sacchi mengesahkannya.

Baca juga: Juventus gagal bawa pulang tiga poin dari kandang Verona

Keunggulan itu segera digandakan oleh Chiesa yang dengan sigap menyambar sendiri bola muntah hasil tembakannya yang sempat dimentahkan oleh Provedel pada menit ke-71.

Enam menit kemudian, Provedel melakukan penyelamatan gemilang ketika sigap menepis eksekusi tendangan bebas Ronaldo.

Satu menit menjelang bubaran waktu normal, Ronaldo melengkapi kemenangan Juventus menjadi 3-0 saat mengakhiri sebuah serangan balik yang diawali keberhasilan Rodrigo Bentancur mencuri penguasaan bola dari Lucien Agourne.

Kedua tim dijadwalkan kembali tampil Sabtu pekan ini saat Juventus menjamu Lazio dan Spezia bermain di kandang sendiri menghadapi sesama tim promosi Benevento.

Baca juga: Serie A tak mau tunda laga meski Torino dikarantina
Baca juga: Perang opini antara Ibrahimovic dan LeBron James berlanjut

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021