Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar sebuah unggahan di akun media sosial Twitter yang menampilkan video seseorang pria berparas Asia Tenggara sedang membaca Alquran.

Dalam unggahan tersebut sosok pria itu menggunakan sorban putih di kepala layaknya pemimpin agama dari Arab Saudi.

Bukan hanya video, unggahan itu juga disertai narasi sebagai berikut:

"Orang Indonesia asal Banjar Kalimantan Nama Ashal Yanti Bin Juhri Bakri Al-Banjari 21 tahun lolos menjadi Imam Masjidil Harom mullai tahun ini menjadi salah satu Imam solat subuh dan Tarowih"

Namun, apkaah benarkah terdapat warga Indonesia yang menjadi pemimpin ibadah di Masjid Haram Makkah, Arab Saudi seperti terdapat dalam unggahan itu?
 
Tangkapan layar hoaks WNI menjadi Imam Masjid Haram (Twitter)


Penjelasan:

Mengacu informasi Turnbackhoax.id, konten video berdurasi dua menit sembilan detik yang diklaim sebagai WNI menjadi Imam Masjid Haram itu merupakan konten menyesatkan.

Pria dalam video tersebut diundang untuk membaca ayat Alquran dan bukan menjadi imam di Masjid Haram, Makkah, Arab Saudi.

Mengutip Kumparan.com, Juru Bicara Duta Besar Indonesia di Arab Saudi Muhammad Murrajab menyatakan klaim warga Indonesia dalam video di sosial media menjadi Imam Masjid Haram adalah hoaks.

"Saya pastikan informasi tersebut adalah hoaks. Melihat video dan mendengar suara yang ada di video sama sekali tidak ada yang mengindikasikan informasi seperti dalam unggahan di atas (Twitter),” kata Murrajab.

Murrajab mengatakan WNI seperti ditampilkan dalam video di Twitter itu diundang untuk membaca ayat Alquran.

Acara itu berlangsung pada kegiatan pembukaan Tahfizhul Quran di Kota Mekkah yang berlangsung pada 12 Ramadan 1439 hijriah atau pada 2018.

Dalam video tersebut, tampak sejumlah Imam Besar Masjid Haram, salah satunya adalah Syekh Abdurrahman As-Sudais.

Lebih lanjut, video dengan narasi yang sama pernah beredar di tahun 2018.

Klaim: WNI jadi Imam Masjid Haram
Rating: Salah/Hoaks

Baca juga: AMPHURI: Indonesia siap penuhi syarat vaksin COVID-19 bagi calon haji

Baca juga: Himpuh minta pemerintah siapkan vaksin COVID-19 untuk calon haji

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2021