Jakarta (ANTARA) - Gelandang Tira Persikabo Muhamad Guntur Triaji memuji penampilan penyerang tim nasional Indonesia persiapan SEA Games Muhammad Rafli, yang mencetak satu gol untuk kemenangan 2-0 skuad Garuda atas tim 'Laskar Padjajaran' dalam laga uji coba di Jakarta, Jumat (5/3).

"Ketika di lapangan, Rafli mengubah permainan dan bisa mencetak gol," ujar Guntur usai pertandingan kontra timnas di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Muhammad Rafli sendiri baru masuk ke lapangan pada babak kedua untuk menggantikan Dendy Sulistyawan.

Baru empat menit paruh kedua laga berjalan, Rafli yang bertinggi badan sekitar 1,8 meter berhasil menanduk bola hasil umpan silang Kushedya Hari Yudo.

"Saya kira dia penyerang yang tajam," tutur Guntur.

Baca juga: Timnas Indonesia taklukkan Tira Persikabo 2-0

Muhammad Rafli merupakan penyerang berusia 22 tahun yang namanya mulai harum ketika rutin dipanggil ke tim nasional U-23 saat masih ditangani Indra Sjafri.

Indra, yang mengubah posisi Rafli dari gelandang ke penyerang, juga menyertakan pemain Arema FC itu ke SEA Games 2019.

Rafli sempat menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Merlion yang digelar di Singapura pada tahun 2019 dengan koleksi tiga gol.

Sementara, secara umum, pelatih Tira Persikabo Igor Kriushenko menyebut bahwa timnas Indonesia memiliki para pemain dengan kondisi fisik yang bagus.

Juru taktik asal Belarus itu menilai pelatih timnas Shin Tae-yong mampu meningkatkan kebugaran anak-anak asuhnya dengan baik dalam pemusatan latihan yang digelar sejak 8 Februari 2021.

"Fisik mereka saat ini memang sudah siap untuk pertandingan," tutur Igor.

Baca juga: Shin Tae-yong: permainan timnas tidak sesuai harapan

Tira Persikabo takluk dari tim nasional Indonesia persiapan SEA Games 2021 dengan skor 0-2 dalam laga uji coba di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (5/3).

Gol-gol Indonesia dilesakkan oleh I Kadek Agung ('45+1) dan Muhammad Rafli (49').

Pada pertandingan uji coba selanjutnya, Minggu (7/3), timnas Indonesia akan melawan Bali United, juga di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, mulai pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Shin sebut semua pemainnya sebagai 'man of the match' laga uji coba
Baca juga: Shin Tae-yong akan turunkan pemain berbeda hadapi Bali United
Baca juga: Pelatih Tira Persikabo sebut kelelahan biang kekalahan lawan timnas

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021