Menparekraf salurkan pembiayaan Rp100 miliar bagi pariwisata dan ekraf

Menparekraf salurkan pembiayaan Rp100 miliar bagi pariwisata dan ekraf

Menparekraf Sandiaga Uno. ANTARA/Birkom Kemenparekraf/pri.

Pak Presiden minta ada pemanfaatan dana stimulus untuk pemulihan ekonomi nasional, untuk film, musik, event
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan penyaluran pembiayaan untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk tahun 2021 sebesar Rp100 miliar guna meningkatkan akses pendanaan bagi sektor tersebut.

"Target penyaluran Rp100 miliar untuk akses pembiayaan," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam webinar The 6st Strategic Discussion "Redefining Sustainable Tourism Roadmap, Selasa.

Penyaluran pembiayaan itu akan didorong untuk sejumlah subsektor ekonomi kreatif, di antaranya kuliner, fesyen, kriya, aplikasi, pengembang permainan, film, animasi dan video, serta desa wisata.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga ingin 244 desa wisata jadi unicorn Indonesia

Penyaluran pendanaan akan dilakukan dengan matchmaking (temu bisnis) melalui sejumlah program seperti Food Startup Indonesia hingga Akatara.

Kegiatan matchmaking itu akan mempertemukan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang memiliki kebutuhan pembiayaan sehingga punya kesempatan memperoleh pembiayaan untuk mengembangkan usahanya.

"Pak Presiden minta ada pemanfaatan dana stimulus untuk pemulihan ekonomi nasional, untuk film, musik, event. Kita harus sentuh dengan berbagai program yang langsung dirasakan oleh ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga: Sandiaga: RI tak lagi kejar angka kunjungan, tapi wisata berkelanjutan

Sandiaga Uno mengatakan pemerintah menyiapkan strategi untuk mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dalam jangka pendek, pemerintah akan fokus pada wisatawan domestik sebagai titik awal kebangkitan.

Selanjutnya, kata dia, pada jangka menengah dan panjang, pemerintah akan fokus mempersiapkan Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkualitas dan berkelanjutan (quality and sustainable tourism).

"Jangka menengah dan panjang, kita jadi destinasi pilihan di Asia Tenggara untuk wisatawan mancanegara dengan konsep quality and sustainable tourism. Kita enggak akan lagi kejar angka-angka. Wah salah kemarin kejar angka-angka. Kita kejar kualitas saja," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga: Kemenparekraf ajak UMKM masuk pasar modal, untuk alternatif pembiayaan

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

30 Menit - Cerita Sandiaga Uno bangkit usai alami PHK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar