Piala Menpora 2021

Tiba di Bandung, pemain PSS Sleman jalani tes kesehatan

Tiba di Bandung, pemain PSS Sleman jalani tes kesehatan

Pemain PSS Sleman menjalani tes swab antigen COVID-19. ANTARA/HO-Pssleman.id

Jakarta (ANTARA) - Para pemain dan ofisial PSS Sleman telah tiba di Bandung, Jawa Barat dan langsung menjalani serangkaian tes kesehatan, termasuk swab antigen dan medical check up (MCU).

"Kita melakukan dua pemeriksaan untuk pemain dan ofisial. Yang pertama pemeriksaan swab antigen untuk mendeteksi apakah ada yang terpapar virus COVID-19 ataupun tidak,” kata Elwizan Aminuddin selaku dokter tim PSS, dikutip dari laman resmi klub dari Jakarta, Kamis.

Hasilnya, seluruh pemain dan ofisial PSS Sleman dinyatakan negatif dari virus COVID-19.

Untuk tetap menjaga kesehatan dan meminimalisir penularan, tim dokter selalu mengingatkan para pemain dan ofisial agar menaati protokol yang ada, baik ketika bersama dengan tim maupun tidak, di antaranya wajib menjalankan 3M.

Baca juga: Hasil undian keluar, Madura United ubah agenda
Baca juga: Gibran usulkan ide menarik di turnamen pramusim Piala Menpora


"Khusus untuk pemain, kami mewajibkan medical check up yang proses rangkaiannya cukup banyak dan berstandar FIFA, AFC dan PSSI. Jadi, supaya menentukan pemain itu layak atau tidak untuk kita ambil, hasil MCU itu yang akan berbicara," katanya Elwizan menjelaskan.

MCU dimulai dari pemeriksaan fisik dari kaki hingga ujung rambut, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan ortopedi untuk melihat apakah para pemain tersebut punya riwayat cedera sebelumnya atau tidak.

"Selain itu ada juga pemeriksaan elektrokardiogram atau EKG, yang dilanjutkan dengan istirahat. Setelahnya, kita lakukan pemeriksaan treadmill atau fisik jantung saat dia aktivitas. Ada juga pemeriksaan radiologi kemudian ada juga pemeriksaan audiometri dan spidometri," tambah pria yang akrab disapa dokter Amin ini.

Berbeda dengan hasil swab test yang dapat dilihat 15-30 menit setelah diambil sampelnya oleh petugas kesehatan, hasil MCU baru dapat dilihat keesokan harinya, yakni Jumat (12/3).

Selanjutnya, hasil tes kesehatan tersebut akan dilaporkan dan menjadi pertimbangan klub untuk para pemainnya.

Pada Piala Menpora 2021, klub berjuluk Super Elang Jawa tergabung dalam Grup C yang berlaga di Stadion Si Jalak Harupat, bersama empat tim Jawa Timur, yakni Persebaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, dan Madura United​​​​​​.

PSS Sleman juga sudah menjadwalkan latihan perdananya di Bandung, Sabtu (13/3), setelah mengetahui hasil drawing turnamen Piala Menpora 2021 yang dilaksanakan pada Senin (8/3).

Baca juga: PSS Sleman jadwalkan latihan perdana 13 Maret
Baca juga: PSS Sleman rekrut striker asal Argentina Nico Veles
Baca juga: Pelatih Persib sebut proses latihan belum sentuh taktik

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dhika Bhayangkara resmi berseragam Persib Bandung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar