DPR: Keamanan dan keselamatan harus jadi fokus arus mudik

DPR: Keamanan dan keselamatan harus jadi fokus arus mudik

Sejumlah pemudik dari Kepulauan Riau menunggu angkutan bus tujuan Medan di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai di Dumai, Riau, Selasa (29/12/2020). ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/aww.

Selain masalah kordinasi lintas sektoral dan persiapan rutin kendaraan darat, pemeriksaan kelaikan sarana transportasi laut, kereta api, dan udara, Komisi V DPR RI juga mencatat beberapa hal yang perlu dicermati antara lain peningkatan aspek keselama
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengingatkan bahwa aspek penting seperti keamanan dan keselamatan harus menjadi fokus dalam pengelolaan arus mudik pada periode Lebaran tahun ini.

Lasarus dalam rilis di Jakarta, Rabu, memberi catatan khusus kepada Kementerian Perhubungan agar memperhatikan kembali transportasi mudik dan balik Lebaran, di mana keamanan, keselamatan, dan kelancaran arus mudik harus jadi fokus utama.

"Selain masalah kordinasi lintas sektoral dan persiapan rutin kendaraan darat, pemeriksaan kelaikan sarana transportasi laut, kereta api, dan udara, Komisi V DPR RI juga mencatat beberapa hal yang perlu dicermati antara lain peningkatan aspek keselamatan, keamanan, kelancaran, dan kualitas pelayanan transportasi darat, laut, udara, dan kereta api untuk meminimalisir kecelakaan transportasi," ujar Lasarus.

Ia juga menginginkan agar Kementerian Perhubungan harus rutin melakukan pemeriksaan terhadap moda transporrasi massal serta sarana transportasinya.

Selain itu, ujar dia, penting pula agar kebijakan menjelang arus mudik adalah perencanaan dan pembangunan yang mengedepankan konektivitas transportasi nasional dalam mendukung sistem logistik yang terintegrasi dengan jaringan transportasi darat, laut, dan udara.

Lasarus mengingatkan bahwa umumnya keluhan para penumpang masih terlalu banyak ditemukan, baik di terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, dan bandara saat mengakses moda transportasi mudik.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyatakan pemerintah belum memutuskan soal melarang atau membolehkan mudik pada Lebaran 2021.

"Sejauh ini kebijakan terkait mudik Lebaran masih dalam pembahasan kementerian dan lembaga terkait," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual di graha BNPB, Jakarta, Selasa (17/3).

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Kementerian Perhubungan tidak melarang mudik pada Lebaran 2021.

Namun Kemenhub sedang melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga serta Satgas COVID-19 mengenai mekanisme mudik.

Baca juga: Ketua DPD RI minta pemerintah segera antisipasi mudik Lebaran 2021

Baca juga: Pemerintah belum putuskan larangan mudik Lebaran 2021

Baca juga: Kapolri ingatkan jajaran persiapan operasi ketupat

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hari pertama larangan mudik, Stasiun Pasar Senen sepi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar