MotoGP

Marquez bakal lewatkan seri pembuka MotoGP di Qatar

Marquez bakal lewatkan seri pembuka MotoGP di Qatar

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez memacu kecepatan motornya saat sesi latihan MotoGP Grand Prix Spanyol di Sirkuit de Jerez, Jerez, Spanyol, Sabtu (18/7/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Marcelo Del Pozo/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez akan melewatkan seri pembuka MotoGP di Qatar akhir pekan ini menyusul keputusan medis untuk melanjutkan pemulihan cedera tulang humerus kanan sang pebalap.

"Marc Marquez, bersama tim medisnya dari Rumah Sakit Ruber Internacional, menganggap bijaksana untuk tidak kembali mengikuti kompetisi akhir pekan ini di Qatar," demikian pernyataan resmi tim Repsol Honda pada Senin.

Peninjauan tim medis yang dipimpin oleh Dokter Samuel Antuña dan Ignacio Roger de Oña 15 pekan setelah bedah terhadap pseudoarthrosis tulang humerus kanan yang terkena infeksi, mendapati bahwa respon klinis yang baik setelah Marquez melanjutkan latihan intensifnya.

Baca juga: Jalani tes privat di Catalunya, Marquez beri sinyal "comeback" 


Akan tetapi, meninjau periode waktu dan kondisi konsolidasi tulang Marquez, dokter menyarankan untuk tidak menyegerakan Marquez kembali ke trek setelah cukup lama tidak aktif membalap guna menghindari resiko terhadap humerusnya di kompetisi yang intens.

"Setelah peninjauan terakhir dengan tim medis, para dokter menyarankan saya hal paling bijak adalah tidak ambil bagian di Grand Prix Qatar dan meneruskan rencana pemulihan yang kami jalani dalam beberapa pekan," ungkap Marquez.

"Saya akan senang berpartisipasi di balapan pembuka Kejuaraan Dunia ini, tapi saya akan harus melanjutkan tugas agar bisa memulihkan kondisi optimal yang memungkinkan kami kembali ke kompetisi."

Tim Repsol Honda tidak memberikan detail berapa lama juara dunia delapan kali itu akan melanjutkan proses pemulihannya.

Baca juga: Honda belum beri tanda kapan Marquez akan kembali balapan 

Marquez akan kembali menjalani cek medis pada 12 April, sehingga kemungkinan besar ia juga akan melewatkan balapan kedua di Doha pada 4 April nanti.

Marquez mendapati cedera tulang humerus kanan setelah terjatuh di seri pembuka di Jerez sehingga melewatkan sisa musim 2020.

Test rider Honda Brad Binder dimandati untuk menggantikan peran Marquez musim lalu. Pebalap Jerman itu juga kembali menunggangi motor Honda RC213V di sesi tes pramusim awal bulan ini di Qatar. 

Baca juga: Dovizioso akan uji motor Aprilia RS-GP di Jerez 
Baca juga: Rossi optimistis setelah pecahkan rekor pribadi di Qatar 
Baca juga: Qatar tawarkan vaksin COVID-19 untuk rombongan MotoGP 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BBPOM Mataram bantu UKM naik kelas jelang gelaran MotoGP Mandalika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar