Polrestro Jakarta Utara tugaskan delapan nakes jadi vaksinator

Polrestro Jakarta Utara tugaskan delapan nakes jadi vaksinator

Seorang petugas melakukan simulasi pelaksanaan vaksinasi perdana untuk tenaga kesehatan di Kota Jakarta Utara, Rabu (13/1/2021). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Utara/am.

Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Utara menugaskan delapan tenaga kesehatan dari Urusan Kesehatan (Urkes) untuk menjadi vaksinator pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Markas Polres Jakarta Utara.

Kepala Bagian Sumber Daya Polres Metro Jakarta Utara AKBP Yayuk Suwitaningsih mengatakan delapan nakes tersebut terdiri atas dua dokter, lima orang tenaga medis dan satu bidan.

"Dokternya ada dua, salah satunya adalah Kaur Kes Polres Metro Jakarta Utara dr Ade Jenny, lima paramedis dan satu bidan. Jadi totalnya delapan," kata Yayuk saat ditemui di Mapolrestro Jakarta Utara, Rabu.

Delapan nakes dari Urkes Polres Metro Jakarta Utara tersebut sudah mencukupi dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terhadap 500 personel polisi pada gelombang pertama.

"(Vaksinator) Kami semuanya dari Urkes Polres Metro Jakarta Utara saja, sudah mencukupi. Karena 500 orang tersebut semuanya melaksanakan vaksinasi di Mapolres Metro Jakarta Utara," katanya.

Dengan demikian semua anggota (yang divaksin) datang Mapolres. "Kecuali Pejabat Utama (PJU) yang tidak mungkin meninggalkan tempat, kami datangkan dokter ke sana," kata Yayuk.

Baca juga: 576 personel Polrestro Jakarta Utara sudah vaksinasi dosis pertama
Baca juga: Kapolres: Bhabinkamtibmas wajib contohkan prokes ke masyarakat


Yayuk mengatakan seluruh nakes yang bertugas sebagai vaksinator sebelumnya pernah mengikuti pelatihan melaksanakan vaksinasi.

Ia menambahkan, pelatihan vaksinasi itu ada banyak sekali, terutama yang harus dihadiri oleh dokter-dokter dari Urkes Polres Metro Jakarta Utara.

"(Pelatihan) Ini ada banyak sekali. Di Polri, bu dokter (Ade Jenny) diundang menjadi peserta untuk diberikan penjelasan. Polda (Metro Jaya) juga mengundang dokter dan tenaga kesehatan di Polres-Polres untuk mengikuti pelatihan agar jangan sampai melakukan tindakan yang salah," katanya.

Selesai kegiatan, diberikan sertifikat. "Selanjutnya dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara juga memberi pelatihan sekaligus sosialisasi vaksinasi di Jakarta Utara. Bu dokter diundang lagi," kata Yayuk.

Seluruh pelatihan tersebut memberikan kesiapan bagi para tenaga kesehatan di Urkes Polres Metro Jakarta Utara dalam melaksanakan empat tahapan vaksinasi. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, pemeriksaan kesehatan (skrining) berupa pemeriksaan tensi dan saturasi oksigen dalam darah, hingga pelaksanaan penyuntikan dan pengawasan kejadian ikutan pascavaksinasi (Kipi).

"Kalau untuk registrasi kan tidak perlu menyiagakan paramedis. Nadi delapan nakes difokuskan untuk empat tahapan itu," kata Yayuk.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dugaan B1351 turunkan efikasi, Kemenkes terus akselerasi vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar