Jakarta (ANTARA News) - Sabrang Mowo Damar Panuluh, vokalis kelompok musik Letto yang akrab disapa Noe, mempunyai perhatian khusus pada nasib pekerja rumah tangga dan memberikan penghargaan terhadap mereka.

"Kita harus mulai melihat karena mau tidak mau kita harus mengakui bahwa secara kultural pekerjaan rumah tangga sampai sekarang belum dilihat sebagai profesi yang juga harus dihargai," kata Noe di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail Jakarta saat mempromosikan film "Minggu Pagi di Victoria Park", Rabu.

Menurut dia, seperti pekerja yang lain, mereka yang bekerja dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga orang lain itu, baik di dalam maupun di luar negeri, juga berjuang untuk hidup yang lebih baik, bagi mereka dan keluarga mereka.

"Kita wajib menghargai mereka," katanya.

Film tentang kehidupan tenaga kerja wanita asal Indonesia di Hongkong merupakan salah satu bentuk perhatian dan penghargaan putra Emha Ainun Nadjib itu kepada pekerja rumah tangga.

Noe menjadi salah satu produser dan sesaat muncul dalam film yang disutradarai Lola Amaria tersebut.

Dia berharap film itu tidak hanya menjadi tontonan, tapi mampu berbicara dan menggerakkan hati penonton untuk lebih menghargai peran pekerja rumah tangga dan peduli pada nasib mereka.(*)

(T.M035/S018/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010