New York (ANTARA News/AFP) - Penguatan data perumahan dan penjualan mobil AS mendorong sebuah lonjakan saham-saham AS pada Rabu, dengan indeks kunci Dow melonjak lebih dari dua persen.

Dow Jones Industrial Average melompat 225,52 poin (2,25 persen) pada pemutupan menjadi 10.249,54, setelah jatuh sehari sebelumnya di tengah kekhawatiran masalah baru perbankan di Eropa dan perlambatan pertumbuhan China, serta meingkatnya biaya mengatasibencana tumpahan minyak di Teluk Meksiko.

Indeks teknologi Nasdaq naik 58,74 poin (2,64 persen) menjadi 2.281,07 dan indeks S&P 500, ukuran lebih luas dari pasar, meningkat 27,67 poin (2,58 persen) menjadi 1.098,38.

"Sebuah laporan perumahan yang positif dan penjualan mobil yang lebih baik dari perkiraan memberikan pasar saham sebuah pengangkat," kata ahli strategi pasar ekuitas senior Wells Fargo, Scott Marcouille.

National Association of Realtors (NAR) melaporkan bahwa penjualan pending home (rumah yang pengurusannya belum selesai) meningkat 6,0 persen pada April, lebih dari kenaikan 4,3 persen yang diharapkan oleh sebagian besar analis.

The Mortgage Bankers Association mengatakan aplikasi hipotek naik 0,9 persen dalam pekan yang berakhir 28 Mei, kenaikan mingguan kedua berturut-turut.

Sentimen pasar juga mendapat pengangkat setelah perusahaan-perusahaan otomatif AS melaporkan kenaikan dua digit dalam penjualan Mei, sementara raksasa Jepang Toyota juga melihat kenaikan volume

walaupun mengalami sebuah krisis penarikan kembali (recall). (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010