Bulu tangkis

Mundur dari All England, Kevin/Marcus kokoh di peringkat satu dunia

Mundur dari All England, Kevin/Marcus kokoh di peringkat satu dunia

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) dan rekannya Marcus Fernaldi Gideon berselebrasi usai mengecoh lawannya asal Malaysia Aaron Chia dan Soh Wooi Yik dalam pertandingan babak final Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020 di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Minggu (16/2/2020). Kevin dan Marcus menang dengan skor 22-20 dan 21-16 sehingga tim putra Indonesia unggul sementara 2-0. ANTARA FOTO/Humas PBSI/Nafi/APP/foc. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon masih kokoh di peringkat satu dunia kendati mereka batal tampil di All England 2021 setelah dipaksa mundur dari turnamen bergengsi tersebut.

Berdasarkan pembaruan peringkat Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pekan ke-12 atau per Selasa (23/3), posisi para pebulu tangkis Indonesia lainnya juga tak mengalami perubahan dari sebelumnya.

Selain Kevin/Marcus, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga masih bertahan di peringkat kedua dunia dengan perolehan 100.557 poin, demikian laman resmi BWF.

Baca juga: Timnas belum puas dengan permintaan maaf BWF dari insiden All England 

Namun posisi ganda putra Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe kini semakin mendekat dengan kenaikan dua peringkat ke posisi keempat usai menjuarai All England 2021 akhir pekan lalu. 

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga masih bertahan di peringkat ketujuh dengan raihan 72.894 poin.

Di sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting masih menduduki posisi lima dengan 82.182 poin, diikuti Jonatan Christie di posisi tujuh dengan 74.770 poin.

Pebulu tangkis andalan Jepang Kento Momota pun masih menyandang status sebagai pemain nomor satu dunia meski harus terhenti di babak perempat final All England 2021.

Sementara itu, wakil Malaysia Lee Zii Jia mengalami lonjakan dua peringkat ke posisi kedelapan berkat kemenangannya di Birmingham.

Baca juga: Hasil All England 2021: Jepang pesta gelar, Malaysia kebagian satu 

Di nomor ganda putri pun tak ada perubahan posisi bagi wakil Indonesia. Greysia Polii/Apriyani Rahayu masih menghuni peringkat enam dunia dengan 83.115 poin.

Demikian juga dengan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang masih berada di ranking keempat dengan 85.900 poin.

All England 2021 memang tidak masuk perhitungan poin Olimpiade Tokyo, namun akan mempengaruhi penempatan daftar unggulan atau seeding pesta olahraga empat tahunan yang akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus itu.

Indonesia hingga kini telah mengamankan setidaknya enam wakil ke Olimpiade Tokyo 2020.

Seturut rangking BWF Race to Tokyo, keenam wakil tersebut adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Kevin Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. 

Baca juga: Menpora tak mau kasus All England terulang dalam turnamen lain 
Baca juga: Inggris bantah diskriminasi atas mundurnya Indonesia dari All England 
Baca juga: BWF minta maaf kepada Indonesia atas kasus All England 2021 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menpora harap kasus All England tak terulang pada turnamen lain

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar