London (ANTARA News) - Aktor Hollywood Brad Pitt bergabung dengan komite pencalonan Amerika Serikat (AS) untuk pencalonan tuan rumah Piala Dunia (PD) 2018 dan 2022.

AS pernah sukses menjadi tuan rumah PD tahun 1994, meski sepak bola bukan olahraga yang populer di mata masyarakat AS. Mereka lebih menyukai sepak bola Amerika (American football), basket, dan baseball. Mereka juga menyebut sepak bola dengan sebutan "soccer" bukan "football".

"Sepak bola adalah olahraga global yang sebenarnya dan kesempatan untuk bergabung dalam usaha menjadikan AS sebagai tuan rumah peristiwa olahraga terbesar di dunia lagi merupakan suatu kehormatan," kata Pitt dalam situs www.gousbid.com, situs resmi pencalonan AS di PD.

AS menggalang dukungan melalui situs itu, mereka yang ingin mendukung pencalonan AS menyatakan dukungan mereka dengan memasukkan nama mereka dalam situs itu. Sampai hari Kamis (3/6) telah terkumpul sebanyak 443.830 orang yang mendukung pencalonan AS.

Pitt mengaku bangga telah terlibat dalam pencalonan AS dalam PD 2018 dan 2022.

"FIFA sudah menetapkan standar dunia untuk menggunakan olahraga sebagai alat positif untuk perubahan sosial dan saya bangga terkait dengan pencalonan Piala Dunia Amerika Serikat yang begitu melekat dengan prinsip yang ditetapkan oleh FIFA," kata kekasih aktris Angelina Jolie itu.

Negara adidaya itu benar-benar serius dengan pencalonan mereka, mantan presiden Bill Clinton telah ditunjuk sebagai ketua kehormatan pencalonan AS. Sementara, tokoh Hollywood lain yang turut bergabung dalam komite adalah sutradara Spike Lee dan komedian Drew Carey.

Untuk menjadi tuan rumah PD 2018 dan 2022, AS harus bersaing dengan Australia, Belanda dan Belgia, Inggris, Portugal dan Spanyol, dan Rusia. Jepang, Qatar dan Korea Selatan juga mengajukan diri sebgai calon tuan rumah PD untuk tahun 2022 saja.
(ENY/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010