Mataram (ANTARA News) - PT Newmont Nusa Tenggara (NNT), perusahaan pertambangan emas dan tembaga di Batu Hijau, Sumbawa Barat, menanam berbagai jenis pohon di lingkar tambang untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni 2010.

"Newmont bersama sejumlah kontraktor, masyarakat, siswa sekolah Buin Batu dan pemerintah daerah menanam pohon kelapa, mahoni dan nimba di beberapa lokasi," kata General Manager Operations PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) Darren Hall, Sabtu.

Ia mengatakan penanaman pohon di lingkar tambang merupakan bagian dari komitmen Newmont untuk menjadi perusahaan terdepan dalam bidang perlindungan lingkungan,.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan program penanaman satu miliar pohon sebagai tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010," katanya.

Pada kesmepatan itu Newmont dan mitra kerjanya termasuk masyarakat dan pemerintah daerah menanam 200 pohon di daerah Maluk serta menanam 1.000 pohon mahoni dan nimba di Kota Taliwang, ibu kota Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Menurut Darren Hall kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di daerah lingkar tambang Batu Hijau merupakan partisipasi Newmont dalam menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang terkait dengan pemanasan global dalam skala yang lebih kecil.

"Kami berharap dengan kegiatan ini masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan dan banyak menanam pohon untuk turut mengurangi dampak pemanasan global," ujarnya.

PTNNT hingga Mei 2010 telah menanam pohon di lingkar tambang sebanyak 28.315 pohon, meliputi nangka 4.500 batang, srikaya 12.274 batang, salak 1.737 batang, jeruk 300 batang, Mahoni 7.872 batang, dan nimba 1.632 batang.

"Kami juga bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah daerah menanam pohon bakau dan jati emas di lahan umum dan lahan masyarakat sebagai upaya melindungi lingkungan dan membantu pengembangan masyarakat," kata Darren Hall.

Penanaman pohon tersebut masih akan terus berlanjut di wilayah Sumbawa Barat, tidak hanya di pantai, tetapi juga di lokasi lainnya.

"Newmont tidak hanya menanam pohon, namun ikut memelihara agar tanaman tersebut tumbuh dengan baik," katanya.
(T.M025/E005/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010